5 Penyebab Terjadinya Mata Katarak

image_20180120_072155_4

Anda tentu sudah tidak asing dengan penyakit mata katarak bukan? Ya, katarak merupakan penyakit yang menyerang bagian lensa mata. Penyakit ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan buram. Dengan kondisi yang demikian, penyakit ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas para penderitanya. Oleh karena itu, para penderita penyakit ini biasanya akan mendapatkan penanganan khusus secara medis dengan jalan operasi. Setelah dioperasi, maka pandangan mata akan normal kembali. Jika tidak segera ditangani dengan cara yang benar, maka penyakit ini bisa berakibat fatal. Ya, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, penyakit ini juga menjadi salah satu penyebab utama bagi kebutaan di dunia. Karena cukup berbahaya, maka sangat penting untuk mengenal beberapa penyebab terjadinya penyakit ini sehingga Anda bisa menghindarinya.

Mengenal Aneka Penyebab Mata Katarak

Ada banyak hal yang bisa menjadi sebab munculnya penyakit katarak pada mata. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Faktor Usia

Usia merupakan penyebab paling umum terhadap munculnya penyakit ii pada seseorang. Hal ini disebabkan karena kadar protein pada lensa mata akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

  • Cedera dan Trauma di Bagian Mata

Trauma dan cedera pada bagian mata dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti pembengkakan, pemutihan serat lensa, dan penebalan. Jika cedera dan trauma ini sampai menembus mata, maka hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan pemutihan lensa mata sehingga menyebabkan terhalangnya cahaya yang masuk ke retina.

  • Terpapar Radiasi

Paparan radiasi atau sinar UV yang berlebihan pada bagian mata telah terbukti dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit katarak.

  • Faktor Genetik

Penyakit ini juga dapat terjadi karena faktor keturunan atau genetik.

  • Alkohol dan Rokok

Seseorang yang mengonsumsi rokok dan alkohol dengan dosis yang tinggi akan semakin memiliki risiko terkena penyakit mata.

Itu dia, 5 hal yang menjadi sebab timbulnya mata katarak. Selain disebabkan oleh kelima hal tersebut, masih ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya mata katarak seperti beberapa jenis penyakit kulit, penyakit gizi, penyakit bawaan, sindrom genetik, infeksi, obat-obatan, dll. Karena merupakan penyakit yang cukup berbahaya, maka penyakit mata katarak harus bisa diatasi secepatnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai pengobatan katarak, silahkan kunjungi www.klinikmatanusantara.com/service/cataract.

Related posts:

Comments are closed.