AC, Si Dingin Yang Berbahaya!

Suhu udara pada ruangan yang terlalu panas membuat siapa pun tak nyaman berada di dalam ruangan tersebut, apalagi untuk bekerja dan belajar yang mengharuskan kita fokus dan konsentrasi. Untuk mengusir udara yang panas di dalam ruangan, AC dinyalakan. Penggunaan AC di ruangan tertutup dan selama seharian ternyata membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Kenyamanan yang timbul karena suhu udara yang sejuk tanpa kita sadari mengikis kesehatan tubuh kita secara perlahan.

Bahaya Ac Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Kulit kering
  2. Suhu ruangan di dalam ruangan ber-AC yang dingin cenderung kering. Hal ini sangat berpengaruh pada kelembaban kulit kita. Terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit kering karena produksi lendir di dalam tubuh berkurang.
  3. Sarang penyebaran virus dan bakteri
  4. Suhu yang sejuk dan tidak adanya sirkulasi udara akan memudahkan bakteri berkeliaran dan hinggap dari satu tempat ke tempat lain. Saat salah satu orang di dalam ruangan ber-AC terkena flu, kemungkinan besar penghuni lain ruangan tersebut juga akan terkena flu.
  5. Menurunkan ketahanan tubuh
  6. Ketika seseorang terbiasa berdiam diri di dalam ruangan ber-AC, dia akan kehilangan ketahanan tubuh dalam menahan panas. Dia tidak akan kuat ketika berada di kondisi panas. Menurunnya ketahanan tubuh tentunya meningkatkan kemungkinan terserang penyakit.
  7. Mengganggu metabolisme tubuh
  8. Berada di dalam ruangan ber-AC dalam waktu yang lama berarti menghidup oksigen yang sama dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan mempengaruhi proses sirkulasi darah. Sirkulasi darah akan melemah sehingga menurunkan kinerja tubuh dalam proses metabolisme.

Berada di dalam ruangan yang sejuk memang sangat menyenangkan. Tidak akan ada keringat yang menetes dan tubuh terasa sejuk sepanjang hari. Namun, dibalik kenyamanan yang ditawarkan AC, terdapat bahaya yang mengintai kesehatan tubuh kita. Berawal dari suhu dingin yang membuat kulit kering karena keringat tak keluar saat suhu dingin. Aliran darah yang terhambat sehingga menghambat proses metabolisme juga. Belum lagi jika kondisi AC yang jarang dibersihkan, kuman dan virus akan sangat mudah tersebar.

Related posts:

Comments are closed.