Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat

Xlh7IC9xYz

Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai macam suku dan juga budaya. Dalam satu daerah di Indonesia, bisa jadi terdiri dari beberapa suku. Inilah yang membuat Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan berbagai macam budaya. Jawa barat merupakan sala satu provinsi di Indonesia yang terkenal di Indonesia. Provinsi yang satu ini didominasi oleh suku Sunda. Jawa barat memiliki berbagai macam kekayaan budaya. Dari segi musik, Jawa barat memiliki beberapa alat musik tradisional. Harga alat musik tradisional dari Jawa barat bahkan dapat mencapai jutaan rupiah.

Jenis Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat

Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai alat musik Jawa barat lengkap dengan harga alat musik tersebut:

  • Arumba

Alat musik yang satu ini merupakan salah satu alat musik yang dibuat dengan menggunakan bambu. Bambu yang biasa digunakan adalah bambu wulung, tali, atau bambu awi temen. Arumba dimainkan layaknya angklung dan semacamnya. Satu set arumba terdiri dari gambang melodi 1 & 2, gambang pengiring 1 & 2, angklung melodi, serta bas pukul. Dalam satu set untuk barang baru dijual dengan harga Rp 8.500.000. Sedangkan untuk harga bekas dibanderol Rp 7.600.000.

  • Angklung

Alat musik nada ganda yang satu ini menjadi salah satu alat musik kebanggaan Indonesia. Angklung sangat dikenal, tidak hanya di Indonesia saja, akan tetapi juga sampai ke berbagai negara. Angklung dimainkan dengan cara digoyang dan terbuat dari bambu. Saat ini, angklung sudah terdaftar sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2010. Harga angklung untuk 8 nada Rp 80.000, untuk yang 86 nada dibanderol sekitar Rp 7.500.000.

  • Calung

Sama halnya dengan angklung dan arumba, calung juga terbuat dari bambu. Perbedaan dengan angklung adalah dalam memainkannya. Jika angklung dimainkan dengan cara digoyangkan, maka calung dimainkan dengan cara dipukul. Caung memiliki dua jenis yaitu calung jinjing dan calung rantay.

Demikian merupakan beberapa alat musik yang berasal dari Jawa Barat lengkap dengan harga alat musik tersebut.

Related posts:

Comments are closed.