Belajar Manajemen Keuangan Bagi Anak Muda

i-need-a-website-for-my-small-business-where-start1

Manajemen keuangan bisa Anda pelajari sedari dini. Bahkan saat kita masih sekolah pun, kita pernah diajarkan bagaimana cara menabung. Lalu bagaimana belajar manajemen keuangan saat kita sudah menjadi mahasiswa? Mengelola keuangan Anda saat sudah menjadi tidak mudah, tapi ada sejumlah cara Anda dapat menekan biaya. Cara ini patut untuk dipelajari bagi mahasiswa yang merantau agar uang bulanan bisa digunakan sebaik-baiknya.

Cara Belajar Manajemen Keuangan bagi Mahasiswa

Mengatur keuangan Anda sangat diperlukan bagi yang kuliah di luar kota. Tentunya dengan mengatur keuangan, maka uang bulanan Anda akan cukup selama sebulan dan tidak minta uang lagi. Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan untuk Anda.

  1. Lacak pengeluaran Anda

Ini mungkin bukan pekerjaan yang paling menarik, tetapi melacak keuangan Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan membuat diri Anda dalam masalah. Sebagai langkah awal untuk belajar manajemen keuangan, maka Anda bisa membuat catatan dari pengeluaran dan pemasukan Anda.  Jika pekerjaan paruh waktu yang Anda miliki, catat pula gajinya. Catat pengeluaran rutin seperti bayar uang kos, membeli pulsa, uang makan, dan sebagainya. Selanjutnya Anda akan dapat melihat dengan tepat berapa banyak uang yang Anda miliki untuk dibelanjakan setiap bulan.

  1. Kelola uang makan dengan baik

Makanan akan menjadi salah satu biaya terbesar Anda, jadi ada baiknya mencari cara untuk mengurangi biaya makan Anda. Membeli bahan makanan supermarket tentu saja akan lebih mahal dari membeli di pasar. Memang memasak sendiri akan merepotkan, namun dengan masak sendiri merupakan ara paling sederhana untuk menghemat uang makan.

  1. Berhemat uang transportasi

Jika kost Anda dekat dengan kampus, maka salah satu cara untuk belajar manajemen keuangan adalah dengan berjalan kaki menuju kampus. Tentunya Anda akan berhemat uang transportasi. Mungkin Anda jga bisa nebeng teman yang searah dengan Anda. Meksipun hanya beberapa rupiah saja, namun jika dihemat setiap harinya maka uang untuk jatah transportasi Anda bisa terkumpul banyak. Dengan berjalan kaki ke kampus, maka Anda juga bisa berolahraga.

Related posts:

Comments are closed.