Berkenalan dengan Corynebacterium diphtheriae

Penyakit Difteri merupakan salah satu penyakit yang sedang booming saat ini. Menurut data yang masuk ke Kementrian Kesehatan, setidaknya ada dua puluh propinsi di Indonesia yang melaporkan mewabahnya penyakit ini di propinsi tersebut. Sebenarnya, apasih penyakit Difter tersebut? Apakah ciri-cirinya? Bagaimana cara mengatasinya? Untuk itulah, marilah kita gali lebih dalam mengenai penyakit difteri yang sedang mewabah di Indonesia saat ini.

Seluk Beluk Penyakit Difteri

Penyakit difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menyerang bagian mucus atau selaput lendir tenggorokan, hidung, hingga kulit. Difteri merupakan penyakit yang menular, dan dapat berujung kematian apabila sang pengidap tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Dalam banyak kasus, penderita penyakit ini biasanya adalah anak-anak. Gejala-gejala awal orang yang mengidap penyakit ini antara lain tenggorokan dan amandel dilapisi selaput tebal berwarna abu-abu, kesulitan untuk menelan makanan, minuman, maupun air ludah, batuk, demam tinggi, suara menjadi serak, dll. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas, akan lebih baik Anda segera berkonsultasi ke dokter. Karena difteri merupakan penyakit yang serius dan gampang menular. Ada beberapa hal yang menyebabkan Anda dapat terindikasi penyakit difteri, yakni lingkungan rumah Anda yang kotor, lemahnya sistem imun, memiliki gangguan sistem imun pada tubuh Anda, belum mendapatkan vaksin difteri, hingga melakukan kontak baik secara langsung maupun tidak langsung kepada pengidap difteri.

Setelah mengetahui secara umum penyakit difteri, Anda juga harus tau cara pencegahannya. Cara mencegah penyebaran penyakit difteri ialah dengan menjaga kebersihan baik lingkungan, makanan, maupun diri sendiri. Memastikan diri Anda mendapatkan vaksi difteri ketika Anda bayi, karena salah satu cara efektif untuk mencegah difteri ialah dengan mendapatkan vaksin difteri. Lalu, apabila Anda mengetahui ada seseorang yang mengidap penyakit ini, hendaknya Anda tidak dekat-dekat kepadanya, akan tetapi langsung membantunya untuk menemui dokter. Apabila pengidap difteri tersebut ialah salah satu anggota keluarga Anda, sebaiknya seluruh anggota keluarga juga melakukan pemeriksaan agar mencegah penyakit difteri yang lebih parah dan memutus rantai penyebarannya. Karena sehat atau tidaknya diri Anda juga tergantung dari kesehatan orang-orang disekitar Anda.

Related posts:

Comments are closed.