Bermanfaatkah Air Dingin Bagi Kesehatan?

manfaat-air-putih

Mengonsumsi air putih sangat baik bagi kesehatan bagi itu dalam keadaan hangat juga dingin. Meskipun banyak yang bilang bahwa mengonsumsi air dingin membuat badan menjadi gemuk dan tidak sehat untuk tubuh. Manfaat air putih dingin tentu saja bukan air yang dari freezer namun air putih yang diberi 1-3 bongkahan es batu. Sehingga air putih tersebut tidak terlalu dingin seperti air es.

Menyegarkan Tubuh

Hal ini berhubungan saat cuaca sedang panas juga setelah Anda berolahraga. Namun jangan mengonsumsinya sesaat setelah berolahraga, sebab akan menimbulkan jantung berdetak tidak beraturan. Dan sebaiknya minum air putih dingin di saat nafas Anda sudah teratur dan tidak tersengal-sengal. Air dingin memang akan membuat tubuh menjadi segar terutama ketika Anda sedang merasa letih terutama saat cuaca sedang panas. Dengan demikian Anda akan merasakan manfaat air putih dingin masuk ke dalam tubuh.

Mitos Seputar Air Putih Dingin

Hingga saat ini beredar berita tentang dilarangnya minum air es atau air dingin dari kulkas atau lemari pendingin. Mitos tersebut diataranya seperti;

  1. Air dingin akan memperlambat pencernaan, sebab lemak akan menjadi padat ketika terkena air dingin. Tentu saja hal ini tidak ada sangkut-pautnya karena apa pun yang masuk ke dalam tubuh akan disesuaikan dengan suhu tubuh kita sendiri. Termasuk juga dengan air dingin yang akan dengan sendirinya berubah suhunya ketika masuk ke dalam tubuh.
  2. Air dingin atau air es akan membuat tubuh menjadi gemuk. Tentu saja hal ini hanya mitos belaka. Sebab yang membuat tubuh menjadi gemuk adalah kandungan gula yang ada dalam air es ketika ditambahkan sirup atau es teh manis. Termasuk juga mitos jika ibu hamil mengonsumsi air dingin maka bayi yang dikandungnya akan gemuk di dalam.
  3. Minum air es saat haid akan menyebabkan myom karena darah haid tidak keluar secara sempurna. Hal ini tentu saja mitos karena haid berhubungan dengan factor hormonal bukan karena air esnya. Jadi jika tidak ada keluhan saat haid maka Anda bisa mendapatkan manfaat air putih lainnya selain mengonsumsi air es.

Related posts:

Comments are closed.