Cara Menghilangkan Karang Gigi

tips kecantikanKarang gigi atau plak pada gigi adalah kotoran yang terbentuk pada gigi ketika adanya bakteri di dalam mulut yang sudah bercampur dengan protein, dan sisa-sisa makanan yang kita konsumsi. Jika dibiarkan terus menerus kotoran yang menempel pada gigi maka hal ini otomatis akan membentuk karang gigi. Banyak cara menghilangkan karang gigi ada yang datang ke dokter gigi, maupun membersihkannya dengan cara alami atau tradisional. Efek jika kita memiliki karang gigi bisa menyebabkan radang pada gusi. Penyakit ini dinamakan dengan gingivitis, penyakit ini biasanya berbentuk kantung nanah yang timbul diantara gusi dan gigi. Efek yang lebih berbahaya jika memiliki karang gigi adalah kita bisa mengalami penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bakteri yang masuk dalam karang gigi bisa masuk ke dalam jaringan darah dan menyumbat aliran darah.

Untuk menghindari karang gigi, sebaiknya kalian mengetahui beberapa cara menghilangkan karang gigi, diantaranya yaitu:

  • Dengan rajin menyikat gigi

Menyikat gigi adalah cara agar gigi kita sehat dan tetap bersih, apalagi jika kita sehabis memakan makanan yang menyangkut di gigi. Sebaiknya menyikat gigi 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, sore hari ketika mandi, dan malam hari sebelum tidur.

  • Flossing

Flossing adalah cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang, membersihkan dengan cara ini dianggap sangat bagus karena makanan yang kita konsumsi biasanya menyangkut pada sela-sela gigi. Jadi jika menggunakan benang akan lebih detail dan lebih bersih pastinya.

  • Hindari merokok

Merokok selain tidak sehat bagi jantung dan paru-paru, merokok juga akan membuat karang pada gigi.

  • Menjaga makanan

Menjaga makanan agar tidak menyebabkan karang gigi juga bisa menjadi cara agar tidak timbulnya karang pada gigi. Biasanya memakan makanan manis atau yang mengandung tepung sangat memicu tumbuhnya karang pada gigi kita. Sebaiknya mengurangi makanan yang manis, mengandung tepung ataupun minuman yang berwarna.

Bagi kalian yang tidak mempunyai banyak uang untuk pergi ke dokter gigi, maka berikut beberapa cara membersihkan gigi kuning dengan menggunakan cara alami, diantaranya adalah Siwak, Strawberry, Minyak kelapa, Garam dan lemon, Baking soda, Kulit jeruk, Jus lemon, Cuka dan sari apel, Apel, dan Arang kayu. Nah diatas merupakan contoh bagaimana cara menghilangkan karang gigi, dan cara membersihkan gigi kuning. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan selalu menyikat gigi 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, sore hari di kala kalian mandi sore, dan pada malam hari sebelum tidur agar gigi kalian terhindar dari karang gigi dan juga gigi yang kuning. Semoga dapat membantu untuk kalian yang ingin melakukan perawatan gigi.

Related posts:

Comments are closed.