Cara Mengobati Kulit Yang Luka Akibat Tergores

tips kesehatanSetiap manusia tentunya menginginkan tubuh yang selalu sehat sepanjang waktu. Tetapi meski telah menjaga kesehatan pada tubuh, terkadang ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi terluka. Salah satu luka yang sering dialami oleh banyak orang adalah tergores. Biasanya luka goresan terjadi akibat terjatuh ataupun terpotong pada saat menggunakan pisau. Luka yang satu ini memang tidak berbahaya dan terbilang menjadi luka yang sangat wajar. Namun bila tidak segera ditangani, luka goresan rentan terhadap bakteri sehingga menyebabkan infeksi. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami kulit yang luka akibat tergores, berikut beberapa cara untuk menanganinya.

Cara yang pertama adalah segera bersihkan bagian kulit yang tergores dengan menggunakan air bersih. Tentu reaksi yang dialami oleh kulit pertama kali adalah keluarnya darah akibat goresan tersebut. Anda pun tak perlu panik dan bersihkan luka sampai darahnya berkurang. Pastikan air yang Anda gunakan bersih sehingga tidak menyebabkan bakteri masuk ke dalam kulit yang luka. Cara selanjutnya adalah segera gunakan obat merah ataupun betadine untuk membuat luka lekas kering. Pertolongan pertama pada korban kecelakaan tentunya adalah betadine. Dengan menggunakan obat ini, luka goresan yang terdapat pada tubuh Anda bisa menjadi cepat kering. Oleskan betadine secara merata pada bagian tubuh yang terluka dan diamkan beberapa saat.

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menempelkan plester pada bagian kulit yang terluka. Namun plester hanya bisa digunakan pada luka kecil karena ukurannya yang terbatas. Penggunaan plester juga tergolong praktis karena Anda hanya perlu menempelkan plester tersebut di area kulit yang tergores. Cara terakhir adalah berikan penanganan yang sama setelah Anda mandi baik pagi maupun sore hari. Sehabis mandi, tentunya bagian tubuh yang terkena betadine dan plester menjadi basah. Untuk itu, Anda harus cepat menggantinya dengan yang baru agar proses penyembuhan bisa maksimal. Jadi, tadi adalah cara mengobati kulit yang terluka akibat tergores sehingga Anda bisa kembali sehat dengan cepat.

Related posts:

Comments are closed.