Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Benar

tips kesehatanMenjaga kesehatan tubuh sangatlah penting begitu juga dengan kesehatan gigi dan mulut Anda. Sebab gigi dan mulut merupakan salah satu tempat bersarangnya bakteri yang terbawa dari makanan atau sisa-sisa makanan yang masih menempel. Saat Anda mengunyah makanan maka secara langsung makanan akan menempel pada sela-sela gigi dan terkadang ada beberapa makanan yang terjebak di dalamnya. Jika Anda tidak bisa merawat kebersihan dan juga kesehatan gigi serta mulut maka sangat rawan terkena beberapa penyakit. Jika dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan plak-plak pada gigi. Nah, plak-plak pada gigi yang menyebabkan beberapa masalah seperti gigi berlubang, sakit gigi dan juga gusi bengkak.

Apabila Anda telah mengalami sakit gigi atau gusi infeksi sangatlah menyiksa karena Anda tidak dapat memakan makanan dengan nyaman. Untuk mengantisipasinya maka Anda harus merawat kesehatan gigi dan mulut dengan baik dan benar. Cara paling sederhana dan mudah yaitu dengan melakukan gosok gigi secara rutin atau setidaknya sehari dua kali pada saat sebelum tidur dan juga setelah bangun tidur. Gunakan jenis pasta gigi yang ampuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Selain itu, pilihlah sikat gigi yang bertekstur lembut karena jika sikat gigi bertekstur kasar dapat merusak email gigi dan juga infeksi pada mulut kemudian mengakibatkan gigi berlubang dan juga sakit.

Selanjutnya hindari juga makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin sebab bisa mengakibatkan gigi terasa ngilu dan lama-kelamaan akan merusak gigi. Hindari juga makanan yang terlalu masam atau seperti sejenis cuka sebab sangat mempengaruhi email gigi. Bagi Anda yang sangat menyukai cokelat atau makanan yang manis sebaiknya kurangi jumlahnya karena mudah menempel pada gigi dan menjadi plak-plak gigi jika dibiarkan. Konsumsilah makanan yang bergizi dan juga tinggi akan kalsium yang dapat merawat kesehatan gigi dengan baik. Makanan yang banyak mengandung kalsium, diantaranya yaitu susu, keju dan juga yoghurt. Terakhir jangan pernah menggunakan produk pemutih gigi dengan sembarangan karena sangat berbahaya bagi kesehatan gigi Anda.

Related posts:

Comments are closed.