Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

9-cara-menurunkan-kolesterol-secara-alami-jika-mempunyai-kadar-kolesterol-tinggi

Kolesterol ada dua jenis yaitu HDL yang merupakan kolesterol baik dan LDL kolesterol jahat, biasanya LDL lebih tinggi sehingga disebut sebagai kolesterol tinggi. Dengan tingginya kadar kolesterol maka bisa terjadi komplikasi penyakit seperti serangan jantung dan juga stroke karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri yang membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol adalah pola makan yang tidak baik seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji.

Berbagai Cara Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi maka sangatlah penting untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Asupan vitamin B3

Vitamin B3 mampu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, Anda membutuhkan vitamin B3 satu atau dua tablet suplemen vitamin B3 dalam sehari. Tetapi perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi banyak vitamin ini bisa meningkatkan risiko penyakit asam urat.

  1. Diet serat pangan

Maksudnya adalah untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya serat. Karena memenuhi kadar serat dalam setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak 5%. Hal ini tergolong mudah dan juga murah karena semua bahan pangan yang dibutuhkan ini banyak tersedia di pasaran. Anda bisa mendapat makanan tinggi serat dari pepaya, jagung, alpukat, brokoli, beras merah, buah pir, tomat, apel, kacang hitam dan yang lainnya. Sebaiknya asupan serat per hari adalah 25-35 gram.

  1. Olahraga

Tidak perlu dipertanyakan lagi manfaat dari olahraga karena sudah banyak sekali manfaat yang diberikan dari aktivitas ini. Terkait dengan tingginya kolesterol, olahraga ini mampu membakar lemak dalam tubuh sehingga akan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Diet rendah lemak

Bagi yang memiliki berat badan berlebih maka akan lebih besar risiko tinggi kolesterol sehingga dianjurkan untuk diet rendah lemak sehingga badan akan ideal dan juga terhindar dari kolesterol tinggi. Hindari terlalu banyak makan daging merah, kentang goreng karena makanan tersebut sangat tinggi lemak dan memicu risiko kolesterol tinggi.

  1. Minyak ikan

Konsumsi minyak ikan mampu memberikan asal lemak omega-3 yang sehat untuk tubuh sehingga mampu membuat penurunan trigliserida dan juga kolesterol.

Itulah beberapa cara mudah untuk menurunkan kolesterol yang dimulai dari diri sendiri, jagalah kesehatan tubuh Anda agar bisa beraktivitas bebas dalam sehari-hari.

Related posts:

Comments are closed.