Dampak Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Gatot NurmantyoKomputer atau laptop adalah alat elektronik yang di biasa digunakan untuk memudahkan pekerjaan mulai dari tugas kantor, tugas kuliah atau juga untuk bermain game. Banyak orang yang banyak bergantung dengan komputer sehingga banyak waktu yang dihabiskan untuk menatap layar monitor. Namun apakah Anda mengetahui apa dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering menatap layar komputer berjam-jam tanpa henti? Banyak orang yang mengabaikan dengan efek dari terlalu sering menatap layar komputer bagi kesehatan. Seberapa besar dampak terlalu sering menatap layar komputer bagi kesehatan?

Beberapa Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Komputer bagi sebagian orang adalah suatu kebutuhan yang mau tidak mau harus selalu menjamahnya. Bahkan pada pekerjaan tertentu sehari-harinya dijadikan alat untuk bekerja sehingga lebih dari 7 jam dalam sehari bisa berada di depan komputer. Beberapa gangguan yang dihadapi ketika terlalu sering berada di depan komputer diantaranya:

  • Sakit punggung, terlalu lama duduk pada posisi yang sama dengan posisi yang keliru bisa menyebabkan Anda sakit punggung, rasa pegal-pegal dan kaku. Saat Anda duduk menatap komputer terkadang tidak banyak aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan.
  • Gangguan mata, radiasi yang ditimbulkan oleh LCD dapat mengganggu kesehatan mata. Selain itu mata yang hanya fokus ke arah layar komputer juga dapat menjadikan syarat mata tegang. Untuk menguranginya Anda bisa mengatur kecerahan layar dengan yang tidak terlalu terang ataupun redup. Lakukan senam mata jika dirasa sudah lelah dengan memutar-mutar pandangan mata atau juga sesaat melihat benda-benda yang jauh di sekeliling Anda.
  • Jari mati rasa, misalkan Anda selalu mengetik banyak tugas sehingga membuat jari Anda kebas dan mati rasa itu merupakan tanda jika Anda perlu istirahat sejenak.
  • Sakit leher. Sakit leher bisa terjadi biasanya akibat pola duduk yang salah sehingga leher terlalu sering menghadap ke bawah sehingga membuat pegal dan sakit.

Itulah beberapa penyakit yang biasa terjadi jika terlalu sering Anda menatap layar komputer. Untuk itu perlu Anda ketahui bagaimana cara yang tepat saat harus menatap layar komputer. Untuk mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya dapat Anda kunjungi pada situs lansiran.com.

Related posts:

Comments are closed.