Hal-hal yang Menyebabkan Susah Tidur

Penyakit insomnia atau gangguan tidur saat malam hari dapat terjadi karena beberapa hal. Faktor tersebut disebabkan karena faktor dari luar dan dari dalam diri seseorang itu sendiri. Berikut ini merupakan faktor penyebab insomnia atau begadang yang dapat mengganggu kesehatan.

Faktor Ekstern atau Dari Luar

Faktor dari luar diri individu yang dapat menyebabkan gangguan tidur atau sulit tidur adalah sebagai berikut.

  1. Lembur

Bagi Anda seorang workaholic akan senang menyelesaikan pekerjaan hingga malam hari. Hal ini dapat menyebabkan mata Anda susah untuk mengantuk. Hal ini biasa terjadi pada mahasiswa maupun pebisnis. Tuntutan pekerjaan maupun tugas kuliah yang harus segera diselesaikan membuat Anda harus melakukan hal ini.

  1. Kerja Shift Malam

Bagi karyawan yang bekerja shift malam Anda diharuskan terjaga hingga pagi. Jika Anda merupakan karyawan yang jam kerjanya dibagi-bagi, saat siang hari Anda sangat dianjurkan untuk beristirahat guna mengembalikan stamina dalam tubuh Anda. sehingga pola tidur atau istirahat Anda tetap teratur dengan baik.

  1. Jet Lag

Gangguan ini disebabkan bagi Anda yang sering mabuk akibat perjalanan menggunakan pesawat terbang. Tubuh akan terasa bergoyang-goyang seperti saat di pesawat. Hal ini juga memicu timbulnya sulit tidur, karena tubuh merasa tidak nyaman.

Faktor Intern dari Dalam

Selain faktor dari luar, faktor dari dalam yang menyebabkan sulit tidur adalah sebagai berikut.

  1. Insomnia

Sebenarnya Anda sudah sangat lelah dan ingin beristirahat, tetapi mata dan pikiran Anda sulit diajak kompromi. Sulit tidur akibat insomnia perlu diwaspadai. Jangan biarkan hingga berlarut-larut karena akan berbahaya.

  1. Gangguan Pikiran atau Perasaan

Bagi Anda yang sedang banyak beban pikiran biasanya juga akan sulit untuk terlelap. Gangguan perasaan seperti jatuh cinta maupun sakit hati juga bisa memicu timbulnya sulit tidur. Kedua gangguan ini merupakan penyebab insomnia yang sering terjadi.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan sulit tidur. Menjaga pola hidup, istirahat dan pola makan akan membantu menghindari penyebab-penyebab sulit tidur tersebut.

Related posts:

Comments are closed.