Kayu Bahan Baku Pembuat Furniture

image_20180515_033936

Indonesia terkenal dengan kekayaannya yang sangat variatif. Mulai dari kekayaan lautnya yang melimpah, hingga kekayaan hutannya yang sangat luas. Hutan Indonesia menghasilkan berbagai jenis kayu yang dapat dimanfaatkan untuk membuat furniture. Salah satu furniture yang sangat dicari adalah meja makan minimalis bulat. Memang ada berbagai jenis kayu yang ada di hutan Indonesia, namun tak semua kayu dapat dijadikan sebagai bahan pembuat furniture yang tepat.

Jenis-Jenis Kayu Bahan Baku Furniture Yang Jadi Recommended

Furniture dibutuhkan untuk berbagai fungsi seperti menyimpan barang, dekorasi ruangan dan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti duduk serta makan. Furniture juga memiliki banyak jenis seperti lemari pakaian, lemari buffet, kursi, meja ruang tamu, hingga meja makan minimalis bulat. Di samping itu, furniture dapat terbuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda, mulai dari aluminium, kaca, stainless steel, hingga kayu. Berikut beberapa jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis furniture.

  1. Kayu Jati

Kayu jati adalah kayu nomor wahid karena memiliki kualitas yang sangat bagus. Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara penghasil kayu jati terbanyak di dunia. Kayu jati menjadi primadona karena sifatnya yang kokoh, kuat dan awet. Tak mengherankan jika kemudian banyak pengrajin yang memanfaatkan kayu jati sebagai bahan baku pembuat berbagai jenis furniture. Furniture yang terbuat dari kayu jati memiliki harga yang mahal karena memang kualitasnya yang sangat bagus.

  1. Kayu Nyatoh

Kayu Nyatoh memiliki serat yang hampir mirip dengan kayu jati. Selain itu, jenis kayu yang satu ini juga memiliki serat yang karakteristiknya halus, lurus dan licin. Kayu Nyantoh juga terkenal awet dan tahan terhadap serangan rayap. Warna asli dari kayu nyantoh sangat indah dan artistik yaitu merah kecokelatan. Bahkan, karena kemiripannya dengan kayu jati, kayu ini sering disebut dengan kayu jati muda.

  1. Kayu Mahoni

Kayu mahoni sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku furniture meja makan minimalis bulat karena memiliki serat dan pori-pori kayu yang halus. Walaupun harga kayu jati lebih mahal dari kayu mahoni, namun harga furniture yang terbuat dari kayu mahoni lebih mahal daripada furniture kayu jati. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya permintaan furniture untuk penjualan ke luar negeri.

Related posts:

Comments are closed.