Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil Berbahaya Bagi Tubuh

Salah satu kebiasaan yang menurut kita merupakan hal yang sepele ternyata jika sering dilakukan ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu kebiasaan tersebut yaitu sering menahan buang air kecil. Ternyata menurut Okapedia kebiasaan semacam itu harus cepat dihindarkan karena akan berdampak kurang baik nantinya.

Dampak Buruk Menahan Kencing Bagi Kesehatan Tubuh

Jika kalian masih nekat melakukan hal tersebut maka bukan tidak mungkin ada beberapa dampak yang akan kalian alami. Berikut adalah 5 dampak yang bisa menyerang kalian dan yang pertama yaitu infeksi saluran kemih. Infeksi ini terjadi ketika urin yang harusnya keluar tetapi tertahan dalam kantung kemih dan dari situ muncullah berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan infeksi tersebut.

Dampak yang kedua yaitu mengurangi kemampuan otak untuk dapat mengirimkan sinyal pada saat akan buang air. Jika kalian mempertahankan kebiasaan ini maka otak akan kesulitan untuk mengetahui kapan waktu untuk buang air kecil sehingga kalian akan merasakan kesusahan nantinya. Kemudian menurut Okapedia kebiasaan ini juga bisa membuat kantung kemih menjadi kendur, tentu kalian tidak ingin hal semacam itu terjadi bukan.

Dampak yang ketiga yang bisa kalian alami yaitu menyebabkan orang dewasa bisa mengompol. Kebiasaan yang satu ini ternyata bisa membuat seseorang kehilangan kemampuan mengontrol kapan harus buang air kecil dengan baik. Kemudian dampak keempat dari kebiasaan ini yaitu kantung kemih kalian bisa pecah. Sebenarnya kejadian semacam ini jarang terjadi namun kalian harus berhati-hati. Normalnya kantung kemih orang dewasa mampu menampung urin hingga 2 gelas. Akan tetapi jika jumlahnya terus bertambah maka bisa mengakibatkan kantung kemih yang pecah tersebut.

Dampak yang kelima yaitu bisa menyebabkan batu ginjal. Seperti yang kalian ketahui menurut Okapedia urin membawa racun dan sampah dalam tubuh kalian. Jika urin terlalu lama ditahan maka racun tersebut dapat mengendap dan menyebabkan batu ginjal. Jadi itulah beberapa dampak yang bisa saja kalian alami jika menahan buang air kecil. Sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaan kalian dengan tidak menahan ketika ingin buang air kecil.

Related posts:

Comments are closed.