Kiat Sukses Membuka Usaha Laundry

peluang usahaPerubahan gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih menyukai sesuatu yang praktis telah memunculkan berbagai peluang usaha baru bagi mereka yang ingin berbisnis. Salah satunya adalah adanya peluang bisnis laundry yang saat ini mulai digeluti oleh banyak pebisnis. Bisnis laundry memang terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak modal. Bahkan menurut ketua APLI atau Asosiasi Profesi Laundry Indonesia, keuntungan dari bisnis ini berpotensi cukup besar. Dari modal yang dikeluarkan, bisnis laundry ini bisa menghasilkan dua kali lipat dari modal yang dikeluarkan jika berjalan dengan baik. Masalahnya sekarang adalah bagaimana untuk menjalankan usaha yang satu ini dengan baik?

Untuk menjalankan usaha ini dengan baik, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah memilih lokasi yang tepat. Sama halnya dengan bisnis-bisnis lain, membuka usaha laundry juga membutuhkan lokasi yang tepat agar dapat berjalan lancar. Lokasi-lokasi yang strategis seperti di dekat kampus, daerah kostan, sekitar perkantoran atau di daerah perumahan yang penghuninya banyak membutuhkan jasa laundry. Meskipun saat ini Anda bisa menjalankan bisnis laundry ini dengan fasilitas antar jemput, lokasi tetap berpengaruh pada bisnis laundry Anda. Jadi, pastikan Anda memilih lokasi bisnis yang strategis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Sebagai tambahan, buatlah konsumen Anda percaya pada usaha Anda ini salah satunya dengan memilih lokasi yang strategis.

Selanjutnya, jangan pertaruhkan reputasi Anda dengan mengerjakan laundry sesuka hati. Anda harus mengerjakannya secara ontime atau tepat waktu agar pelanggan tetap setia pada Anda. Jika memungkinkan, untuk memuaskan pelanggan Anda juga bisa membuat waktu pengerjaan laundry tersebut menjadi lebih cepat. Dalam hal ini, Anda juga tidak perlu menjanjikan waktu pengerjaan yang tidak bisa Anda lakukan karena dapat mengecewakan konsumen yang sudah percaya pada Anda. Terakhir, berikanlah nilai plus pada usaha laundry Anda dengan memberikan fasilitas lain seperti antar jemput, kupon berhadiah atau kupon diskon laundry. Tentunya Anda bisa menentukan ketentuan dari fasilitas tersebut sesuai dengan strategi Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Related posts:

Comments are closed.