Konsumsi Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat-wortel

Sayur menjadi salah satu sumber nutrisi yang tinggi bagi tubuh. Berbagai nutrisi dapat Anda temukan dalam sayur-sayuran. Sayuran menjadi salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi jika Anda ingin hidup sehat. Salah satu jenis sayuran yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan adalah wortel. Sayur berwarna orange yang satu ini cukup populer terutama mengenai fungsinya sebagai salah satu penyedia nutrisi untuk mata. Wortel terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mata. Ada beberapa kandungan nutrisi yang dapat Anda peroleh dari wortel seperti, vitamin A, vitamin K, vitamin C, serat, folat, mineral, protein, karbohidrat, serta berbagai macam nutrisi lainnya.

4 Manfaat Mengonsumsi Wortel

Anda dapat mengonsumsi wortel yang telah dimasak atau dengan mengonsumsinya secara langsung tanpa diolahnya terlebih dahulu. Beberapa diantaranya juga dapat Anda peroleh dalam bentuk jus wortel. Wortel yang mentah memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan yang telah dimasak. Ada beberapa manfaat yang dapat diberikan wortel mentah untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan fungsi penglihatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A akan membantu Anda dalam membentuk pigmen ungu yang sangat penting untuk penglihatan di malam hari. Kandungan beta karotin yang terdapat di dalam wortel dapat membantu Anda menurunkan risiko katarak serta rabun jauh.

  1. Memperlambat penuaan

Kandungan beta karotin di dalam wortel dapat berperan sebagai antioksidan, dimana antioksidan merupakan senyawa yang dapat berfungsi untuk melawan reaksi radikal bebas. Radikal bebas berperan dalam penuaan dini. Dengan menghambat reaksi oleh radikal bebas, maka Anda juga dapat menghambat penuaan dini.

  1. Mencegah kanker

Wortel merupakan salah satu bahan yang mengandung falcarindiol dan falcarinol. Kedua zat tersebut merupakan zat anti kanker yang akan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam wortel selain dapat menyehatkan mata juga dapat menjadi nutrisi bagi kulit. Noda hitam, keriput, warna kulit yang tidak merata, pigmentasi, jerawat, dan beberapa masalah lainnya dapat Anda atasi.

Demikian beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi wortel.

Related posts:

Comments are closed.