Macam-macam Timbangan Digital

timbangan digitalSetelah mengetahui perbedaan antara timbangan manual, digital dan timbangan hybrid maka Anda perlu mengetahui macam-macam timbangan digital yang ada sekarang ini. Setiap timbangan diciptakan dengan tujuan yang sama yaitu mengukur massa suatu benda namun timbangan memiliki kegunaan yang berbeda. Jika Anda membutuhkan suatu timbangan, Anda perlu mengetahui timbangan apa yang memang tepat mengukur massa tersebut. Mengukur berat badan dan mengukur massa sayuran karena pastinya pengaturan pada setiap sistem timbangan model digital berbeda jika jenis timbangan tersebut kegunaannya berbeda.

Apa Saja Macam-macam Jenis Timbangan Digital dan Penggunaannya?

Macam-macam jenis timbangan digital sesuai penggunaannya yaitu antara lain pertama, timbangan pocket Jenis timbangan kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Biasanya dengan kapasitas 30 kg ke bawah. Kedua timbangan gantung, dinamakan timbangan gantung karena sistem penimbangannya digantungkan ditimbangan tersebut. Jadi timbangan tersebut tidak mempunyai platform tempat timbang. Ketiga timbangan ternak, dinamakan timbangan ternak karena kegunaan timbangan ini untuk menimbang hewan ternak semisal sapi, kerbau, kambing dan hewan lainnya. Keempat timbangan penghitung satuan, timbangan ini berfungsi untuk menghitung barang-barang kecil yang bila dilakukan akan memakan waktu semisal baut dan mur, kancing, tablet obat dll. Kerja timbangan ini adalah dengan menimbangkan sample dulu ke timbangan, misal 10 biji kancing. Selanjutnya berat kancing itu akan disimpan di dalam memori timbangan itu untuk jumlah 10 kancing.

Setelah itu berapapun kancing yang dimasukkan ke dalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut. Kelima timbangan harga retail, timbangan ini biasanya dipakai untuk menimbang buah, oleh-oleh, makanan kecil, permen, daging dll. Biasanya dipakai oleh toko buah, oleh-oleh, supermarket, dan minimarket. Ketujuh timbangan laboratorium, biasanya dengan ketelitian yang cukup tinggi. Range yang dipakai antara 0,01 g sampai 0,0001 g.  Kemudian ada juga jenis timbangan kadar air, timbangan ini sangatlah unik karena bisa mengeluarkan panas. Jadi kegunaan timbangan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa banyak kadar air yang tersembunyi dalam setiap barang yang ditest. Selain timbangan-timbangan ini masih banyak jenis timbangan digital yang lain.

Related posts:

Comments are closed.