Makanan Penyebab Batu Ginjal

tips kesehatanSebagai material yang padat dan terdapat pada ginjal, tentu saja batu ginjal merupakan masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Adanya timbunan yang terbentuk menjadi gumpalan menyerupai batu ini akan memberikan efek buruk pada kinerja ginjal. Material ini bisa berdiam diri pada ginjal atau bahkan turun hingga saluran kemih. Apabila terjadi, tentu saja akan menimbulkan penyumbatan saluran kemih. Dengan bentuk yang beragam, batu ginjal sendiri terkadang bisa keluar bersama urine. Tentu saja pada ukuran yang kecil saja yang bisa langsung keluar. Apabila batu ginjal berukuran besar, pastinya akan menimbulkan gangguan saluran kencing bahkan pendarahan.

Ketahui Makanan Penyebab Batu Ginjal

Kondisi dimana batu ginjal terbentuk biasanya disebabkan karena kebiasaan orang itu sendiri yang kurang bisa menjaga pola makan dan hidup sehat. Padahal, dengan menghindari kebiasaan buruk akan sangat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal. Beberapa jenis makanan seperti makanan yang memiliki kandungan sodium yang tinggi misalnya. Makanan yang mengandung sodium tinggi akan berdampak pada penderita batu ginjal. Sodium itu sendiri banyak ditemukan dalam garam kemasan. Jadi, kurangilah konsumsi garam setiap harinya supaya Anda terbebas dari penyakit batu ginjal. Biasanya beberapa jenis makanan yang mengandung sodium tinggi terdapat pada daging olahan, makanan kaleng, saus dan kecap, asinan kacang-kacangan.

Selanjutnya makanan yang bisa menimbulkan batu ginjal lainnya berasal dari protein hewani bisa dibilang seafood dan telur. Protein hewani biasanya mengandung purin yang berimbas pada pembentukan asam urat dalam urine. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi protein hewani, karena hal tersebut bisa memicu terjadinya batu ginjal kapan saja. Saran yang sangat dianjurkan dalam mengonsumsi protein hewani tidak lebih dari 170 gram setiap harinya. Tidak hanya itu saja penyebabnya, bahkan makanan yang tinggi akan oksalat juga bisa menimbulkan batu ginjal. Contohnya seperti okra, bayam, beet, kiwi, kacang mede, Almond, gandung, kokoa, makanan tinggi vitamin C serta teh. Perhatikanlah sebelum mengonsumsi makanan tersebut ketika Anda tidak ingin terkena batu ginjal dikemudian hari.

Related posts:

Comments are closed.