Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Menyusui

tips kecantikanSetelah Anda melahirkan, Anda akan merasakan kebahagiaan yang sangat indah setelah menjadi seorang ibu. Dalam hal ini, Anda pasti ingin memberikan semua yang terbaik bagi buah hati Anda. Nah, salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah dalam hal memilih makanan. Ada banyak makanan yang direkomendasikan bagi kaum ibu yang baru memiliki anak. Namun, pernahkah Anda terpikir mengenai makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui? Hal inilah yang membuat Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, makanan yang Anda makan tentu akan diberikan pula pada buah hati Anda melalui ASI. Jadi, apa saja makanan yang harus dihindari ketika Anda menyusui?

Pantangan Makanan Bagi Ibu Baru

Bagi ibu baru yang tengah menyusui, ada beberapa makanan yang wajib dihindari jika menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan tentunya aktif. Beberapa makanan yang wajib dihindari oleh ibu yang tengah menyusui adalah sebagai berikut:

  1. Ikan dengan kandungan merkuri

Ikan memang merupakan salah satu makanan yang dapat membuat anak menjadi lebih sehat. Namun, ada pula ikan yang mengandung merkuri dan hal ini dapat memengaruhi otak bayi. Namun, jika Anda ingin tetap mengonsumsi hasil laut, Anda bisa mengonsumsi udang atau ikan salmon.

  1. Kafein

Sama seperti efek yang ditimbulkan oleh kafein pada orang dewasa, kafein juga bisa berdampak pada kesehatan si bayi. Bayi yang mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat dengan mudah mengalami kesulitan tidur. Jika Anda ingin mengonsumsi teh, Anda bisa mengonsumsi teh kamomil.

  1. Kacang-kacangan

Ketika Anda memiliki bayi yang baru lahir, ada baiknya Anda menghindari konsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah. Hal ini dikarenakan kacang dapat memicu timbulnya alergi pada kulit bayi yang tentunya akan sangat menyiksa baginya. Jika Anda ingin mengonsumsi kacang-kacangan, Anda bisa mengganti kacang tanah dengan kacang lain seperti Almond atau walnut.

  1. Makanan pedas

Hal ini sering menjadi tantangan bagi ibu yang baru memiliki bayi. Pasalnya, makanan pedas bisa dikatakan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat urban saat ini. Makanan pedas yang dikonsumsi dapat pula masuk ke dalam pencernaan si bayi dan dapat mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang memang harus dan sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh para ibu yang sedang menyusui, semoga dengan ulasan diatas bisa menambah informasi bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang memang harus dihindari.

Related posts:

Comments are closed.