Memaintain Sakit Maag Dengan Bijak

tips kesehatanSakit maag atau keluhan terkait produksi asam lambung yang melebihi dosis normal tentu saja mengganggu aktivitas dan kenyamanan seseorang. Rasa nyeri dan perih di sekitar lambung sampai ke ulu hati kadang sampai tak tertahankan sehingga cukup mengganggu kenyamanan. Secara alami, produksi asam lambung memang selalu terjadi, namun dalam jumlah berlebih dan kondisi perut kosong, gas asam ini mampu mengiritasi lambung sampai terjadi infeksi. Sebenarnya, sakit maag terkait erat dengan pola makan yang kurang seimbang dan baik. Terutama terkait dengan pola makan yang disiplin dimana banyak penderita maag kerap melakukan skip waktu makan dengan beragam alasan. Ada yang melakukan ini karena kesibukan, keengganan, sampai lupa karena sedang melakukan hal yang mengasyikkan. Parahnya dari sekali dua kali lupa, kemudian hal ini merambah menjadi suatu kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggal dan diubah. Makan tepat waktu merupakan solusi yang bijak untuk mencegah kambuhnya sakit maag.

Selain masalah waktu, sakit maag juga terkait dengan masalah porsi makan yang dikonsumsi. Makan secukupnya sesuai porsi juga mengakibatkan pola makan teratur menjadi memungkinkan. Dengan disiplin akan pola makan, tubuh mudah mengenali sensor lapar dan jam biologis ini makin mungkin untuk dipenuhi karena faktor kebiasaan. Sebaliknya pola makan dengan porsi berlebih tentu tidak baik. Dengan makan terlalu kenyang sekali tempo akan membuat tubuh sulit mendeteksi jam regular makan yang seharusnya diterapkan.

Satu kebiasaan khas lainnya yang umum ditemui pada penderita maag adalah senangnya mengonsumsi makanan pedas dan asam. Dua rasa ini mampu mendorong produksi asam lambung lebih tinggi lagi daripada biasanya. Mengurangi makanan ini sangat disarankan untuk mencegah kerja lambung yang lebih keras. Hal ini juga berlaku untuk makanan berlemak dan bertekstur liat seperti makanan dari kanji yang sulit dicerna sehingga memaksa lambung bekerja ekstra. Pada saat maag datang, ada baiknya untuk mengenai tanda-tandanya. Mengambil obat maag dalam bentuk cairan bila diperlukan sebaiknya segera dikonsumsi. Pemilihan obat maag dalam bentuk cairan basa lebih dianjurkan karena lebih mudah terserap dan bekerja lebih cepat dibanding formula lainnya.

Related posts:

Comments are closed.