Memperbaiki Pola Tidur Yang Telah Terbalik

tips kesehatanSebagian dari para pekerja keras tentu mempunyai pola tidur yang kurang baik. Normalnya, tubuh membutuhkan sekitar 6 jam waktu tidur untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Akan tetapi, terkadang hal tersebut tidak bisa terealisasi karena kegiatan yang terkadang terlampau malam, atau mungkin malah insomnia. Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur mempunyai pola tidur yang salah, alias terbalik, ada baiknya Anda mengikuti tips yang akan diberikan di bawah ini. Tips ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang masih memiliki pola tidur kurang baik atau pola tidur yang salah. Berikut ulasannya, mari disimak dengan baik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membentuk rutinitas tidur yang baik. Hal yang harus Anda catat disini adalah, meskipun mungkin bagi sebagian orang tidur selama 6-7 jam masih sangat sulit dikarenakan kegiatan yang padat, Anda tidak harus tidur dalam porsi yang cukup lama tersebut. Hal yang terpenting adalah kualitas tidur. Jika Anda tidur sebentar akan tetapi nyaman dan nyenyak, maka kualitas tidur Anda baik dan Anda tidak akan merasa kekurangan tidur. Karena itu, buatlah pola tidur yang rutin. Misal Anda tidur jam 12 malam, cobalah pasang alarm pada jam 5 pagi dan jangan membiasakan untuk memencet tombol “snooze”. Karena dengan penambahan porsi jam setelah Anda memencet tombol snooze, pola tidur Anda akan berubah kembali.

Jika Anda telah menentukan rutinitas tidur yang tepat menurut Anda, usahakan konsisten pada rutinitas tidur tersebut selama satu minggu penuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan menyesuaikan pola tidur Anda dan terkadang Anda tidur dan terbangun sendiri tanpa harus dengan alarm karena tubuh telah terbiasa akan pola tidur dan bangun Anda. Ada tips penting juga, usahakan jangan mengonsumsi banyak cairan sebelum tidur dan jangan konsumsi makanan pedas. Hal ini dilakukan untuk menghindari Anda terbangun saat tengah malam, dan juga dilakukan demi kenyamanan kualitas tidur Anda. Terakhir, buatlah tempat tidur yang nyaman agar kualitas tidur Anda benar-benar berkualitas. Dengan begitu, Anda tidak akan kekurangan istirahat dan pola tidur Anda semakin teratur.

Related posts:

Comments are closed.