Mengenal Berbagai Jenis Poster

image_20180414_073929

Poster sudah lama menjadi salah satu media cetak modern yang paling sering dijumpai di berbagai lokasi. Banyak percetakan yang menyediakan jasa jual poster dan cetak poster. Selain digunakan untuk kebutuhan khusus seperti iklan marketing produk, Anda dapat mendesain sendiri poster yang diinginkan dan mencetaknya untuk kepentingan pribadi. Beberapa orang mendesain poster untuk memasarkan produk, media informasi dan mengingatkan sesama tentang suatu isu, menghias ruang kamar atau bahkan tempat usaha seperti kafe dan restoran. Sebelum Anda mendesain poster sendiri, sebaiknya Anda ketahui beberapa jenis poster sehingga tujuan dari konten poster dapat tersampaikan dengan baik kepada target.

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Kategorinya

Berikut ini beberapa kategori poster berdasarkan tujuannya yang dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum Anda mendesain sendiri poster sesuai keinginan Anda dan mengirim desain Anda pada ahli dan percetakan jual poster langganan Anda.

  • Poster Iklan

Poster jenis ini paling banyak ditemui di berbagai tempat. Poster iklan bertujuan untuk mengiklankan produk komersial atau mengiklankan agenda acara seperti kegiatan sosial, pameran atau pun konser. Sangat penting untuk menggunakan desain yang menarik dan warna-warna cerah untuk menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.

  • Poster Propaganda

Poster ini sangat cocok untuk menyebarkan informasi, menumbuhkan kepekaan masyarakat atau media kampanye selama gelaran pemilu. Selain itu poster propaganda yang banyak dikeluarkan oleh pemerintah atau organisasi mengandung maksud untuk menghimpun semangat pembacanya.

  • Poster Subjek

Ini adalah jenis poster yang mungkin paling banyak dicetak untuk publik. Poster subjek atau biasa disebut poster cheesecake ini biasanya menampilkan figur-figur terkenal seperti band, musisi dan penyanyi, aktor dan aktris, hingga atlet sepak bola, basket, dan atlet olahraga populer lainnya.

  • Poster Afirmatif

Poster ini bertujuan memberikan dorongan, semangat atau motivasi pada pembacanya. Umumnya ditemukan di tempat umum seperti masjid dengan tulisan yang memotivasi untuk beribadah atau bersedekah atau juga tempat lain seperti sekolah, perpustakaan, kebun binatang dll.

Dengan mengetahui tujuan dari poster yang Anda rancang Anda dapat menyesuaikan desainnya denganĀ  target pembacanya. Kemudian Anda dapat segera menghubungi percetakan yang jual poster dan poster Anda pun siap dipasang.

Related posts:

Comments are closed.