Mengkonsumsi Obat Herbal yang Baik dan Aman

Obat herbal merupakan obat yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhan. Herbal itu sendiri memiliki arti tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang mempunyai sifat perdu. Penggunaan obat herbal telah dikenal dan banyak digunakan sejak zaman dahulu, karena khasiat yang manjur. Obat herbal diolah secara tradisional dan turun-menurun berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, atau budaya setempat. Obat herbalpun populer di kalangan masyarakat karena mudah dijangkau, dan harganya pun murah. Jadi penggunaan obat jenis herbal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk pengobatan alternatif untuk mengatasi sejumlah penyakit dari yang ringan sampai yang kronis sekalipun.

Obat herbal yang aman untuk kesehatan

Masyarakat berpendapat bahwa mengkonsumsi obat herbal aman untuk kesehatan tubuh, akan tetapi pada dasarnya tidak semua obat herbal dari tumbuhan aman untuk dikonsumsi. Mengkonsumi secara berlebihan akan berakibat fatal pada penyembuhan penyakit. Obat herbal yang aman adalah sudah teruji klinis untuk membuktikan khasiatnya dan telah terdaftar di BPOM RI.  Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah komposisi dari obat herbal itu sendiri. Sebelum mengkonsumsinya pastikan telah berkonsultasi dengan dokter. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut penggunaan obat herbal akan aman untuk dikonsumsi tubuh. Jadi ketika ingin mengkonsumsi obat herbal tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan pastikan hanya menggunakan obat herbal yang terpercaya dan sudah terdaftar dan lulus uji BPOM demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Obat herbal pun bisa bahaya

Penggunaan obat herbal pun bisa berbahaya jika dikonsumsinya secara tidak tepat. Contohnya pada tanaman sambiloto yang fungsinya untuk kekebalan tubuh, tetapi bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita Autoimun. Obat herbal tidak bisa dikonsumsi sembarangan karena keamanan obat herbal sangat individual, tergantung kondisi tubuhnya. Obat herbal akan lebih berbahaya apabila kita mengkonsumsinya dikombinasikan dengan obat-obatan medis. Penggunaan obat herbal akan berbahaya pada ibu hamil yang akan mempengaruhi kondisi janin hingga berakibat pada keguguran, lahir prematur, dan cacat. Jadi jangan lupa untuk mengecek lagi adakah peringatan dalam penggunaan obat herbal ini.

Related posts:

Comments are closed.