Menguasai Tiga Teknik Public Speaking

public speakingMenggunakan tata bahasa yang benar dan teknik yang baik dalam berbicara merupakan suatu nilai penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Ketika menyampaikan sebuah pidato, presentasi, mengajar, memberikan penjelasan, mengutarakan pendapat atau gagasan, dan lain sebagainya memerlukan keahlian public speaking yang baik. Tidak heran apabila teknik dalam berbicara dan kemampuan mengolah kata-kata terlebih secara spontan adalah hal yang paling diinginkan setiap pembicara. Hampir setiap profesi memerlukan keahlian ini. Sebut saja penyiar radio, reporter, pembawa acara, public relation, sales & marketing, pebisnis, pengajar, bahkan artis sekalipun harus membekali dirinya dengan kemampuan public speaking. Untuk itulah dalam menunjang keahlian berbicara di depan umum ini diperlukan banyak latihan, teori dan pengalaman di mana seorang pembicara harus menguasai sedikitnya tiga komponen penting yaitu vocal, verbal, dan visual.

Apakah Yang Di Maksud Tiga Teknik Penting Public Speaking itu?

Dikatakan sebelumnya bahwa seorang pembicara harus menguasai teknik vocal, teknik verbal, dan teknik visual dalam berbicara di muka umum. Yang dimaksud teknik vocal dalam public speaking adalah intonasi yang benar, artikulasi yang jelas, serta penekanan dan penjedaan yang tepat yang membuat pendegar atau pemirsa paham apa yang pembicara sampaikan dengan gamblang. Kemudian yang kedua adalah teknik verbal. Teknik ini merupakan penguasaan perbendaharaan kata dan pemilihan kata. Adalah nilai penting menguasai teknik ini, karena secara umum seorang pembicara haruslah memiliki wawasan yang luas sehingga presentasi yang dibawakan terlihat berbobot. Namun yang perlu diperhatikan, hindari kosakata yang jarang didengar orang alias sulit dipahami.

Gunakan kosakata yang tepat tergantung dengan tempat, tema yang dibicarakan, dan siapa pendengarnya dan teknik yang ketiga adalah teknik visual. Ini adalah teknik berpakaian yang pas dan tepat sesuai materi untuk tampil sebagai public speaking. Seperti yang kita ketahui bahwa hal pertama yang akan dinilai oleh pendengar atau pemirsa adalah gaya berpakaian dan gesture dari pembicara itu sendiri. Dengan berpakaian dibarengi dengan gesture yang tepat akan membuat pembicara terlihat berwibawa.

Related posts:

Comments are closed.