Model Baju Batik Dan Proses Pembuatannya

model baju batikMembatik merupakan kegiatan tradisional yang sekarang masih ada dan dipertahankan oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Dengan cara membuat dan mempergunakan batik itu sendiri. Walaupun sekarang ada perkembangan motif batik dan warna namun, proses pembuatannya masih sama. Perlengkapan untuk pembuatan batik itu sendiri antara lain, gawangan yang fungsinya untuk membentangkan kain mori saat dibatik.

Model Baju Batik – Proses Membuat Kain Batik

Bandul merupakan perlengkapan batik yang fungsinya untuk menahan agar kain mori tidak mudah tergeser saat dibatik. Wajan merupakan perkakas untuk tempat melelehkan malam. Kompor berfungsi sebagai pemanas bahan yang digunakan untuk membatik yaitu malam. Taplak fungsinya untuk menutupi paha agar saat pembatik meniup canting yang berisi malam panas tidak langsung kena kulit. Saringan malam fungsinya untuk membersihkan malam dari kotoran agar canting tidak tersumbat oleh kotoran saat membatik. Canting merupakan alat pokok saat membatik karena canting fungsinya sebagai alat menulis atau membentuk pola di kain mori dengan menggunakan cairan malam. Mori merupakan bahan baku pembuatan batik berupa kain untuk bahan dasar batik. Malam atau lilin yaitu bahan untuk membatik. Dingklik merupakan tempat duduk untuk pembatik. Pewarna batik alami dipergunakan untuk mewarnai kain batik yang sudah diberi malam.

Proses pembuatan batik dari dulu sampai sekarang masih ada yaitu dengan mempola merupakan proses kain mori di pola atau ditulis dengan menggunakan pensil atau langsung menggunakan malam. Batik merupakan proses selanjutnya proses ini sering disebut nglowongi dan isen-isen. Nembok merupakan proses menutupi bagian kain yang tidak boleh terkena warna tertentu. Medel merupakan proses pencelupan kain batik ke cairan yang sudah diberi warna, biasanya dilakukan berulang-ulang agar mendapatkan warna yang bagus. Ngerok merupakan proses pengerokan malam di kain mori setelah pewarnaan. Mbironi adalah proses pemberian warna biru. Menyoga ialah proses pemberian warna coklat pada batik. Nglorod merupakan penglorotan malam pada kain batik.  Itulah tentang perlengkapan pembuatan batik dan proses pembuatan batik. Anda bisa melihat hasil kain batik di www.kidungasmara.com. Terima kasih.

Related posts:

Comments are closed.