Motif Batik Solo Bondhet Yang Mewah Dan Bermacam-Macam

image_20180517_144610_42

Salah satu hal yang unik dari batik adalah motif yang unik dan corak yang bermacam-macam. Salah satu motif dari batik Solo yang terkenal karena coraknya yang begitu rumit adalah batik dengan motif bondhet atau yang  biasa bundet, dimana motif batik jenis ini biasanya dikenakan oleh pengantin perempuan pada saat malam pertama. Pola dari motif bondhet ini ternyata sangat bermacam-macam. Berikut penjelasan secara rincinya.

Beberapa Pola Dari Motif Batik Solo Bondhet Yang Beragam Dan Unik

Motif dari batik bondhet yang memiliki corak sangat rumit dan beragam ternyata masih dibagi lagi menjadi beberapa pola yang berbeda dan bermacam-macam. Adapun berikut ini beberapa pola dari motif batik bondhet, diantaranya:

  1. Batik sido asih

Batik sido asih merupakan salah satu pola dari motif batik bondet dengan bentuk geometris yang memiliki pola dasar bentuk-bentuk segi empat yang mana disini memiliki arti keluhuran, yang mana ketika seseorang menggunakan batik jenis ini maka diharapkan seseorang mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup. Jenis motif dari batik ini telah berkembang cukup lama.

  1. Batik ratu ratih

Nama dari motif ratu ratih ini berasal dari kata ratu patih yang artinya ialah ada seseorang raja yang memiliki patih atau yang biasa disebut dengan perdana mentri yang berusia masih terlalu mudah. Motif dari batik ini memiliki makna bahwa suatu kemuliaan atau sinergis antara yang menggunakan kain batik tersebut dengan alam sekitarnya, motif dari batik ini juga telah berkembang sejak lama yaitu sejak pemerintahan raja SISK PB V1 yakni pada tahun 1824.

  1. Motif batik parangkusumo

Motif ini menggunakan motif parang yang berarti motif diagonal berbentuk senjata tajam, berupa garis berlekuk-lekuk di mulai dari sisi bagian atas sampai dengan sisi bagian bawah, sedangkan kusumo merupakan sebuah kata yang memiliki arti bunga. Dari kosa kata tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa parangkusumo merupakan motif batik yang bermakna seorang ksatria yang berwibawa dan mencintai rakyatnya, sehingga motif dari batik ini hanya boleh dipakai oleh seseorang yang memiliki keturunan darah biru dalam keratin.

Itulah beberapa hal atau informasi terkait dengan pola dari motif batik bondhet yang bermacam dan juga unik serta memiliki arti yang padat dan juga jelas. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi https://najmabatiksolo.com. Semoga bermanfaat !

Related posts:

Comments are closed.