Pemanfaatan Lahan Kosong Sebagai Tempat Usaha

peluang usahaPerkembangan para pengusaha di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya usaha menengah ke bawah yang mulai tumbuh. Dari fakta tersebut, tentu kita bisa memahami bahwa banyak orang yang sudah mulai mengerti pentingnya dari membuka usaha. Selain mampu meningkatkan perekonomian rumah tangga, membangun usaha juga bisa meningkatkan sektor perekonomian warga sekitar. Membuka usaha pun tidak perlu dilakukan dengan modal yang besar selama Anda bisa menjalaninya dengan benar. Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan memanfaatkan lahan kosong, berikut usaha yang bisa Anda tekuni dengan baik.

Usaha yang pertama adalah membuka peternakan ayam. Bila Anda memiliki lahan kosong yang cukup luas, Anda bisa membangun kandang ayam yang cukup besar. Dengan kandang tersebut, Anda bisa mulai memelihara ayam mulai dari kecil sampai siap panen. Waktu yang dibutuhkan untuk ayam agar siap panen mencapai 30 hari tergantung dengan perawatannya. Untuk usaha yang satu ini, Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan modal karena Anda bisa bekerja sama dengan kemitraan ternak ayam. Biasanya syarat bekerja sama bersama kemitraan tersebut, Anda hanya perlu menyiapkan kandang yang minimal bisa menampung 800 ekor ayam. Bekerja sama bersama kemitraan ayam jauh lebih menjanjikan karena Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Usaha yang kedua adalah membuka peternakan lele. Selain membuka peternakan ayam, pemanfaatan lahan kosong juga bisa dijadikan tempat untuk berternak ikan lele. Dibandingkan dengan ternak ayam, banyak yang menganggap bahwa ternak ikan lele jauh lebih mudah. Pakan untuk ikan lele pun bisa didapatkan dari mana saja. Untuk perawatannya, Anda hanya perlu memindahkan lele yang memiliki ukuran sama. Untuk satu kolam lele bisa digunakan untuk ratusan ikan sehingga panen yang Anda dapatkan bisa jauh lebih banyak. Apalagi saat ini sedang booming bibit lele jumbo yang menghasilkan lele dengan ukuran lebih besar. Jadi, bagi Anda yang memiliki lahan kosong, tadi adalah dua usaha yang bisa Anda tekuni dengan baik.

Related posts:

Comments are closed.