Pencegahan Diare Pada Anak-anak

tips kesehatanDiare menjadi salah satu penyakit yang biasa menyerang manusia yang biasanya disebabkan oleh bakteri e.colli dan juga disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang kurang higienis. Selain dari  faktor cuaca yang dapat menyebabkan manusia menjadi berubah pola makannya, seperti makan pedas terlalu banyak juga dapat disebabkan dari kurang bersihnya makanan yang kita konsumsi seperti makanan pinggir jalan. Anak-anak memang rawan terkena diare terutama bagi mereka yang sering jajan dilingkungan luar sekolah yang kurang bersih serta terbuat dari bahan-bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Masalah diare ini sudah biasa dialami oleh anak-anak dan menjadi PR bagi para ibu dirumah. Diare jika kita abaikan dapat merenggut nyawa seseorang, untuk itu jika sudah terkena ada baiknya segera periksa atau konsumsi obat. Namun ada baiknya sebelum kita terjangkit lebih baik mencegah, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Cara Mencegah Diare Pada Anak-Anak

Diare adalah penyakit yang memang tidak terlihat namun dampaknya sangat besar jika tidak segera ditangani, terutama pada anak-anak. Penderita akan merasakan buang air terus menerus. Diare yang berkelanjutan akan membuat badan kekurangan cairan dan kemudian lemas dan berujung pada muntaber. Cara mencegah diare pada anak sangat mudah, yaitu yang utama Anda membiasakan anak untuk membawa bekal dari rumah agar tidak jajan sembarangan disekolah, berikan pengertian akan bahayanya jajan sembarangan dipinggir jalan, bawakan bekal yang mengenyangkan agar anak tidak mudah jajan. Selain itu biasakan cuci tangan setelah beraktivitas sehingga tidak ada bakteri yang menempel ditangan. Karena bakteri dapat menyerang dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Berilah air putih yang rutin ketika anak Anda sudah terkena diare dan biasakan untuk mengonsumsi air putih. Untuk pertolongan pertama berilah larutan oralit karena itu adalah obat diare secara alami yang mudah untuk dibuat dan kemudian rujuk ke rumah sakit untuk memeriksakan keadaan. Hal yang utama memang kita sebagai orang tua harus mampu memberikan edukasi pada anak yang dimulai dari lingkungan rumah seperti membiasakan buang air besar di toilet dengan baik. Buang sampah pada tempatnya yang memadai yaitu yang tertutup dan masih banyak lagi cara yang lain. Dengan begitu Anda telah mengajarkan sedikit demi sedikit pada anak untuk menerapkan gaya hidup sehat dan dapat terhindar dari segala macam penyakit termasuk diare

Related posts:

Comments are closed.