Pengelolaan Kawasan Wisata Di Banten

pantai sawarnaDi Provinsi Banten terdapat sebuah desa wisata yaitu desa Sawarna di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Desa Sawarna sendiri merupakan kawasan pesisir pantai. Pasirnya berwarna putih dan ada juga karang-karang terjal yang membuat Desa Sawarna lebih indah dan eksotis. Jika Anda melewati Desa ini Anda akan terkagum-kagum oleh keadaan alamnya. Panoramanya yang indah terbentang dari sisi barat, Pantai Pulo Manuk dan sampai dengan sisi timurnya yaitu Pantai Karang Taraje. Pantai di Desa ini juga berhadapan langsung dengan samudera Hindia yang membuat ombak di pantai ini cukup besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi surfing. Namun dalam berselancar atau surfing tentunya harus mengutamakan kehati-hatian. Itulah hal menarik yang ada di pantai Sawarna Banten, Anda dapat lebih menemukan hal menarik lainnya jika mengunjunginya secara langsung.

Sejarah Desa Sawarna Dan Pantai Sawarna Banten

Sekitar tahun 2000-an ditemukan makam dari Jean Louis van Gogh yang merupakan sepupu dari Vincent Van Gogh. Makam tersebut mempunyai tinggi satu meter dan mempunyai bentuk persegi yang diselimuti lumut dan sudah tidak mempunyai tulisan di nisannya. Sekitar tahun 1907 terdapat seseorang yang membuka perkebunan kelapa seluas 54 hektare yaitu Jean Louis van Gogh. Dia memperkerjakan banyak pribumi yang asalnya dari luar Banten akan tetapi masih di Jawa. Seiring dengan perkembangan penduduk terbentuklah sebuah komunitas yang diberi nama Sawarna. Dengan banyaknya perbedaan dialek, logat dan bahasa sehari-hari, sehingga ada yang mengartikan bahwa Sawarna adalah Sorana yang artinya suaranya. Jika berasal dari bahasa sunda, Sawarna artinya satu warna. Itulah yang menjadi cikal bakal nama pantai Sawarna Banten.

Di Desa Wisata Sawarna Anda dapat melihat kehidupan sehari-hari warga desa, Anda juga dapat melihat perkebunan, persawahan dan sentra industri rumah. Anda juga dapat melakukan tracking Goa. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5000, kemudian Anda sudah dapat menyusuri Goa dan dilengkapi dengan senter dan helm. Kemudian Anda juga dapat menikmati keindahan sunset dan juga sunrise. Untuk melihat matahari terbenam Anda dapat mengunjungi Pantai tanjung Layar yang terletak sejauh 1 Km dari pintu masuk Dusun Cikaung. Anda dapat menjangkaunya dalam waktu 10 menit apabila naik motor dan 20 menit apabila jalan kaki menuju lokasi. Demikian informasi mengenai pantai Sawarna Banten.

Related posts:

Comments are closed.