Pengobatan Yang Tepat Untuk Sakit Influenza

Definisi penyakitSalah satu jenis penyakit yang hampir pernah dirasakan oleh semua orang adalah influenza. Ya, flu atau influenza merupakan definisi penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus pada saluran pernapasan manusia. Penyakit ini terutama sangat sering terjadi pada musim hujan dan sangat mudah dikenali dari beberapa gejala-gejala yang terjadi pada penderitanya. Oleh karena itu, informasi yang berkaitan dengan cara pengobatan penyakit juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Nah, beberapa gejala yang timbul saat seseorang mengalami flu antara lain demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek atau keluar lendir dari hidung, hidung tersumbat, batuk, badan lemas, dan nafsu makan menurun. Biasanya, flu tidak perlu mendapatkan penanganan serius dari dokter karena penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari atau beberapa minggu.

Inilah Cara Pengobatan Penyakit Influenza Yang Tepat

Setelah mengetahui definisi penyakit influenza dan beberapa gejala yang akan dialami oleh penderitanya, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengobati sakit influenza. Pengobatan penyakit influenza bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan melakukan berbagai hal sederhana seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi buah dan sayur, memperbanyak minum air putih, melakukan olahraga ringan, dan menghindari beberapa makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan seperti gorengan, es, dll. Meningkatkan konsumsi cairan memang sangat penting karena cara ini bertujuan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu komplikasi yang sangat sering terjadi pada penderita sakit flu. Dehidrasi menyebabkan tubuh kehilangan banyak gula, garam, dan cairan. Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi air putih sangat penting agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, penderita sakit flu juga bisa mencoba mengonsumsi cairan yang mengandung gula dan ion/elektrolit dengan tujuan untuk mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Selain melakukan langkah-langkah mandiri di rumah, pengobatan penyakit influenza juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Paracetamol atau ibuprofen merupakan jenis obat yang sangat cocok diberikan kepada para penderita influenza. Kedua jenis obat tersebut mampu menurunkan demam dan rasa pegal-pegal yang biasanya dialami oleh penderita influenza. Namun, jangan sampai penderita influenza mengonsumsi antibiotik karena antibiotik hanya diberikan kepada pasien dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bukan oleh virus.

Related posts:

Comments are closed.