Pentingkah Mencuci Tangan Ketika Makan?

tips kesehatanSobat, apa yang kamu lakukan ketika hendak makan? Apakah kamu sempat untuk membersihkan kedua tanganmu dari debu yang menempel di telapak dan jari-jari tangan? Sepertinya terdengar cukup sederhana ya sob jika kita diwajibkan untuk mencuci tangan ketika hendak makan. ajakan untuk rajin mencuci tangan setiap kali mau makan sudah terjadi ketika kamu masih kecil. Kamu tentunya masih ingat kan perkataan orang tuamu atau guru TK mu untuk mencuci tangan ketika kamu mau makan? Memangnya seberapa pentingkah kita mencuci tangan?

Perilaku mencuci tangan adalah sebuah tata tertib yang harus kita lakukan sebelum makan. Jika kamu ingat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar, maka kamu akan ingat bahwa mencuci tangan ini adalah materi tata tertib dalam adab makan. Memangnya pentingkah kita mencuci tangan? Mencuci tangan sebenarnya tidak hanya berperan sebagai tata tertib dalam adab makan. Namun jika kita hubungkan dengan kesehatan akan jauh lebih penting. Salah satu menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan. Tetapi sebelum makan, mencuci tangan menjadi aktivitas yang wajib guna terhindar dari penyakit.

Perlu kita sadari bahwa setiap hari tangan kita senantiasa bersentuhan dengan banyak benda. Bahkan jika kita menyentuh benda-benda yang setiap kali disentuh oleh orang yang berbeda-beda pula. Misalnya saja menyentuh uang, membuka pintu, bersalaman, atau menyentuh lainnya. Maka akan terjadi perpindahan kuman dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Dari contoh sederhana itulah menjadi salah satu alasan kita untuk mencuci tangan.

Perilaku mencuci tangan sebenarnya merupakan perilaku dalam menciptakan hidup bersih dan sehat. Lakukanlah mencuci tangan baik sebelum makan maupun sesudah makan. Jangan lupa cucilah tanganmu dengan memakai sabun. Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan sabun di tempat umum, maka gunakanlah cairan pembersih tangan yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan rajin mencuci tangan maka kuman yang menempel akan hilang dan tidak masuk ke tubuh kita. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit terutama sakit perut.

Related posts:

Comments are closed.