Pentingnya Proses Budgeting Dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan banyak faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan. Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut tentu kita bisa mengarahkan perusahaan akan dibawa kemana dengan adanya perencanaan, baik jangka pendek maupun panjang yang melibatkan faktor tersebut. Salah satu faktor yang penting yaitu budgeting dan untuk memaksimalkan tersebut maka pelatihan budgeting sangat penting dilakukan bagi para pihak yang terkait dengan itu.

Suksesnya Perencanaan Tergantung Dari Proses Budgeting

Budgeting sendiri merupakan kata lain dari penganggaran yang mana proses tersebut di dalamnya termasuk planning, controling dan analizing. Dengan melakukan penganggaran yang baik maka kita bisa mengetahui biaya yang harus dikeluarkan, keuntungan dan hal lain yang berpengaruh terhadap sebuah rencana yang dibuat oleh perusahaan. Sehingga penganggaran yang benar akan berpengaruh terhadap kelancaran rencana yang dibuat oleh perusahaan.

Maka dari itu pelatihan budgeting sangat perlu untuk dilakukan agar para pihak yang melakukan proses tersebut paham akan tugasnya. Jika diperjelas maka manfaat dari pelatihan semacam ini yaitu agar mampu memahami bagaimana proses penyusunan rencana. Jika kita awam atau kurang terampil dalam hal tersebut tentu saja kita akan membuat rencana yang kurang pas dan terkesan kurang matang karena tidak memperhitungkan berbagai macam resiko di dalamnya. Termasuk di dalamnya yaitu mengenai pengendalian laba komprehensif.

Selian itu manfaat lain dari pelatihan ini yaitu mampu mengetahui secara prosedur teknis yang dilakukan dalam pembuatan rencana anggaran tersebut. Jika kita tidak mengetahui prosedurnya secara tepat bisa saja kita melewatkan salah satu tahapan yang sangat penting. Dengan terlewatnya satu tahapan prosedur tadi tentu bisa berimbas pada keseluruhan rencana yang dibuat. Dengan melakukan perencanaan yang sesuai dengan prosedurnya tentu saja dapat meminimalkan kerugian yang mungkin terjadi dalam perencanaan tersebut.

Maka dari itu dengan adanya pelatihan budgeting para pihak yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut akan lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Meskipun terdengar sepele namun tahapan budgeting ini bisa mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan jika tidak dilakukan dengan tepat. Maka pastikan pihak yang bertanggung jawab terhadap proses ini memiliki ilmu dan kemampuan yang baik.

Related posts:

Comments are closed.