Penyebab Katarak yang Perlu Anda Ketahui

penyebab katarakMemiliki mata yang sehat menjadi suatu anugerah dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan memiliki mata yang sehat Anda akan semakin dimudahkan dalam menjalankan aktivitas sehari – hari. Agar memiliki mata yang sehat, sebaiknya Anda mengetahui penyebab penyakit mata seperti penyebab katarak. Dengan mengetahui penyebab penyakit katarak Anda akan mengetahui langkah apa yang akan Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Apa Saja Penyebab Katarak?

Mata adalah aset berharga yang mana dalam kehidupan sehari – hari indra penglihatan ini menjadi salah satu hal yang vital untuk menunjang kelancaran aktivitas sehari – hari. Ada beberapa penyakit yang menjangkit mata dan dapat menyebabkan kebutaan, salah satunya adalah penyakit katarak. Katarak merupakan penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia. Bahkan jika diperingkatkan, Indonesia menduduki peringkat pertama se-Asia. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengetahui penyebab katarak agar Anda dan keluarga dapat terbebas dari penyakit yang menyerang indra penglihatan ini. Penyebab penyakit yang menyerang mata ini diantaranya karena terlalu sering mengkonsumsi alkohol. Ternyata Allah SWT melarang umat-Nya untuk menghindari minuman memabukkan ini karena ada kebaikan di balik itu semua. Ternyata dengan terlalu sering dan banyak mengkonsumsi alkohol akan memperbesar risiko penyakit katarak. Tentunya hal ini disebabkan karena berbagai kandungan di dalamnya yang dapat menyebabkan tingginya risiko katarak.

Selain terlalu banyak dan sering mengkonsumsi alkohol, ternyata faktor usia pun dapat mempengaruhi risiko terjangkit penyakit katarak. Katarak sejatinya menyerang lensa mata sehingga menyebabkan mata berkabut. Kasus ini sering terdapat pada orang lanjut usia. Semakin lama, lensa mata akan menurun fungsinya. Oleh karena itu jika katarak semakin parah dalam arti tidak hanya berkabut saja, tetapi hingga menimbulkan kebutaan mata perlu adanya tindakan lebih lanjut yang harus dilalui agar dapat menyelamatkan mata agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dengan mengetahui penyebab katarak ini diharapkan Anda dan keluarga dapat menjaga kesehatan mata serta terhindar dari penyakit yang banyak didapati di Indonesia ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda dapat menjaga kesehatan mata dengan baik.

Related posts:

Comments are closed.