Perbedaan Antara Haji dengan Umroh

Haji adalah salah satu rukun Islam kelima yang harus dilakukan jika mampu. Namun sayangnya banyak orang yang menyamakan antara haji dan umroh. Sebenarnya antara haji dan umroh itu berbeda, maka dari itu kita perlu tahu perbedaan di antara keduanya. Hanya saja baru beberapa orang dan golongan saja yang tahu perbedaan haji dan umroh.

Apa Saja Perbedaan Umroh Dan Haji?

Baik haji ataupun umroh sama-sama dua hal yang harus dilakukan jika kita sanggup melakukannya baik sanggup secara fisik maupun sanggup secara finansial. Berikut beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara umroh dengan haji. Dengan kita memahami beberapa poin tersebut, kita bisa menentukan mana yang akan kita jalani.

  • Waktu pelaksanaan umroh bisa dilakukan kapan saja

Kita tahu bahwa untuk pelaksanaan umroh bisa dilakukan kapan saja. Berbeda dengan haji yang waktunya telah ditentukan, dan tidak hanya di setiap negara pelaksanaan haji dilakukan di waktu yang sama. Itu merupakan perbedaan haji dan umroh yang paling mendasar. Untuk kalian yang ingin sewaktu melakukan rukun Islam kelima ini kalian bisa melakukan ibadah umroh saja.

  • Biaya yang dikeluarkan

Untuk biaya yang dikeluarkan untuk umroh cenderung lebih murah dibanding dengan kita melakukan haji. Selain itu, pemberangkatan haji juga akan lebih lama dibanding dengan pemberangkatan umroh. Maka dari itu tidak jarang orang yang memiliki banyak kegiatan banyak yang memilih untuk melaksanakan umroh dibanding dengan haji.

  • Lembaga yang menangani umroh dan haji

Lembaga yang menangani umroh kebanyakan dipegang oleh agen yang mandiri yang didirikan oleh perorangan. Sedangkan lembaga yang mengenai haji ada sangkut pautnya dengan negara. Sehingga jika untuk keamanan memang lebih aman haji dibanding dengan umroh. Hanya saja karena terlalu banyak kaitan dengan pemerintah maka haji cenderung lebih ribet.

Dari kedua perbedaan yang terdapat antara haji dan umroh, apa kalian tertarik untuk melaksanakan haji dibanding untuk melaksanakan umroh? Sudah pahamkah kalian mengenai perbedaan haji dan umroh? Sekian semoga pembahasan mengenai haji dan umroh bermanfaat.

Related posts:

Comments are closed.