Persiapan Mengadakan Seminar Bisnis

Sumber daya yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan kinerja yang maksimal dan juga berkualitas. Itulah mengapa, seminar sering diadakan di kantor-kantor atau perusahaan guna untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para karyawannya. Seminar menjadi agenda rutin yang akan dijadwalkan oleh pihak HRD agar karyawan selalu mengetahui perkembangan bisnis. Seminar kit dengan berbagai jenis barang akan dihadirkan sebagai salah satu reward kepada peserta yang telah mengikuti seminar tersebut.

Langkah Persiapan Mengadakan Seminar Bisnis

Seminar bisnis yang diadakan oleh perusahaan biasanya akan diurus oleh pihak HRD sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mereka untuk meningkatkan kualitas karyawan. Semua kepengurusan seminar mulai dari perencanaan, persiapan tempat, seminar kit, dan pelaksanaan akan sepenuhnya diatur oleh divisi HRD. Berikut ini beberapa langkah utama mengadakan seminar perusahaan.

  1. Menentukan tema dan topik pembahasan

Bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditambah dengan kehadiran internet yang membuat segala sesuatu berkembang dengan lebih cepat. Sebagai pelaku bisnis, memang sudah semestinya kita mengetahui perkembangan yang terjadi dan memahaminya dengan baik agar tetap bisa bersaing. Tema dan topik pembicaraan harus disesuaikan jauh-jauh hari. Tema dan pembahasan tentu saja yang harus sesuai dengan bidang dan tren yang sedang in di tengah masyarakat.

  1. Peserta dan waktu seminar

Menentukan peserta seminar juga penting untuk kelancaran acara nantinya. Peserta seminar juga akan sangat berhubungan dengan topik pembahasan saat seminar. Apakah peserta staf biasa, atau bahkan manajer yang memegang tanggung jawab setiap divisi. Waktu seminar juga harus ditentukan dengan baik agar tidak berbenturan dengan kegiatan penting lainnya.

  1. Konsumsi dan cenderamata

Konsumsi yang akan diberikan kepada peserta dan semua petugas yang bertugas menyiapkan acara juga perlu diperhatikan demi kelancaran acara seminar tersebut. seminar biasanya akan berlangsung selama beberapa jam, para peserta tentu saja harus menyantap sesuatu untuk terhindar dari lapar dan mengantuk yang akan mengganggu konsentrasi. Seminar kit juga perlu dipersiapkan sebagai perlengkapan sekaligus kenang-kenangan untuk para peserta seminat. Dengan adanya berbagai macam kit, biasanya peserta akan lebih semangat mengikuti seminar.

Related posts:

Comments are closed.