Pilar-Pilar Semangat Kebangsaan: Definisi Menurut Para Ahli

Definisi Menurut Para AhliSobat, tahukah kamu definisi menurut para ahli mengenai pilar-pilar semangat kebangsaan? Dalam website definisi para ahli ini akan dijelaskan mengenai pilar-pilar tersebut. Pendidikan karakter tanpa identifikasi pilar-pilar karakter hanya akan menjadi sebuah perjalanan tanpa akhir dan petualangan tanpa peta. Oleh karena itu terdapat banyak pendapat para ahli yang merumuskan tentang karakter dasar yang menjadi pilar perilaku individu. Lickona (2013) mengemukakan sepuluh esensi kebajikan untuk membangun karakter yang kuat yaitu kebijaksanaan, keadilan, keberanian, pengendalian diri, rasa cinta, sikap positif, bekerja keras, integritas, syukur, dan kerendahan hati.

Pilar-Pilar Semangat Kebangsaan Versi Definisi Para Ahli

Dalam website definisi para ahli, pilar-pilar semangat kebangsaan didasarkan sepuluh esensi kebajikan yang dikemukakan oleh Lickona.  Dalam buku Character Count Coalition terdapat enam pilar-pilar semangat kebangsaan. Pilar yang pertama adalah Trustworthines atau rasa percaya diri. Pilar ini merupakan bentuk karakter yang membuat seseorang menjadi berintegritas, jujur, dan loyal. Kedua yakni Fairness  atau rasa keadilan yang berarti  bentuk karakter yang membuat seseorang memiliki pemikiran terbuka serta tidak suka memanfaatkan orang lain. Ketiga Caring atau rasa kepedulian yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang memiliki sikap peduli dan perhatian terhadap orang lain maupun terhadap kondisi sosial lingkungan sekitar. Keempat Respect atau rasa hormat yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang selalu menghargai dan menghormati orang lain. Kelima adalah Citizenship atau rasa kebangsaan yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang sadar hukum dan peraturan serta peduli terhadap lingkungan alam. Terakhir adalah Responsibility atau rasa tanggung jawab yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang bertanggung jawab dan disiplin.

Berdasarkan pilar-pilar karakter utama tersebut jika dikaitkan dengan bangsa Indonesia maka dapat disimpulkan bahwa pilar-pilar penanaman karakter kebangsaan yang dimaksud disini adalah dengan berpedoman kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dimana ke pilar-pilar karakter utama tersebut sudah termuat dalam sila-sila Pancasila. Oleh karena itu pilar-pilar penanaman karakter kebangsaan dalam website www.definisimenurutparaahli.com  ini tidak lepas dari nilai-nilai yang hidup dapat masyarakat Indonesia itu sendiri.

Related posts:

Comments are closed.