Portal Berita Islam Seputar Pendidikan Anak

Radar IslamDalam portal berita Islam kali ini akan memberikan  bahasan tentang pandangan Ibnu Khaldun tentang pendidikan anak. Beliau mengatakan bahwa pendidikan yang baik untuk anak, tidak hanya berupa ilmu pengetahuan, melainkan memerlukan metode terbaik juga untuk menyajikan ilmunya.  Dengan begitu akan lebih mudah dalam mempelajari jiwa anak-anak sekaligus bisa mengetahui apa saja bakat terpendam yang dimiliki. Informasi ini tentu sangat penting untuk Anda ketahui, terutama bagi yang sudah memiliki anak dan sudah mulai beranjak besar.

Metode Pendidikan Ibnu Khaldun Di Portal Berita Islam

Portal berita Islam beberapa waktu lalu sudah mewawancarai Ibnu Khaldu secara langsung untuk membahas tentang bagaimana metode tepat dalam mendidik sang anak. Ibnu Khaldu sendiri merupakan pakar pendidikan yang memang menentang adanya metode verbalisme serta teknik hafalan. Pasalnya itu bisa menghambat kemampuan dalam memahami ilmu yang sudah diajarkan oleh guru. Menurutnya, metode paling tepat untuk mengajarkan pendidikan kepada anak adalah dengan metode ilmiah modern. Kemudian yang paling mudah yaitu dengan cara menumbuhkan kemampuan anak dalam memahami ilmu, sehingga kemampuan dalam berdiskusi serta berbicara pun akan lebih terasah. Menurut Ibnu sendiri, dalam mengajar anak-anak itu seharusnya berdasar pada prinsip-prinsip penahapan. Setelah itu barulah melakukan pengulangan, sehingga anak-anak dapat memahami sekaligus menerima setiap ilmu yang telah diajarkan tersebut.

Dalam menyampaikan pelajarannya, Ibnu Khaldun juga menyarankan supaya para guru mengaitkan sebuah ilmu dengan jenis ilmu lainnya. Pasalnya jika memisahkan ilmu satu dengan ilmu lainnya, akan sebabkan kelupaan. Kemudian tips terakhir yang diberikan Ibnu adalah, guru hendaknya tidak mengajarkan dua ilmu sekaligus. Pasalnya itu menyebabkan konsentrasi sang anak menjadi terpecah dan pada akhirnya mereka tidak bisa fokus pada kedua ilmu pengetahuan tersebut. Itulah salah satu berita yang  disediakan oleh www.radarislam.com. Jika Anda ingin mendapatkan informasi berita lainnya, bisa mengunjungi langsung alamat website yang sudah tertulis tadi. Semua berita yang tersedia pada portal berita tersebut di jamin selalu update dan akan lebih mengulik tentang Islam.

Related posts:

Comments are closed.