Program Tepat Untuk Memakmurkan Masyarakat Desa

Desa-Adat-Panglipuran-571x300

Indonesia merupakan Negara kaya yang di dalamnya terdapat banyak sekali kekayaan alam melimpah. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya. Sayangnya, banyak diantara masyarakat Indonesia yang belum tahu bagaimana cara memanfaatkan segalanya dengan maksimal. Kemudian, program Padat Karya desa menjadi salah satu senjata sekaligus wadah bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan segala yang dimiliki masyarakat dengan maksimal.

Pengertian Padat Karya

Padat Karya merupakan program pemerintah desa untuk memaksimalkan segala sumber daya alam dan manusia di desa secara maksimal. Tujuan dari didirikannya program ini tentu saja untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan segala hal yang mereka punya agar kehidupan menjadi lebih baik. seperti yang kita ketahui bersama bahwa mayoritas masyarakat desa cenderung tertinggal jika dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Padahal, alam pedesaan memiliki potensi besar jika saja pemerintah dapat membimbing masyarakat desa untuk melakukannya.

Langkah Persemakmuran Masyarakat Desa

Pemerintahan daerah memiliki hak istimewa yaitu hak otonom dimana pemerintahan bisa mengatur pemerintahannya sendiri di bawah pengawasan pemerintahan pusat. Meskipun demikian, ada banyak masalah yang timbul di daerah yang saat ini masih terjadi di banyak tempat. Khususnya di wilayah desa yang kebanyakan tertinggal dari segi infrastruktur. Kekayaan alam yang tersedia di alam pedesaan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga desa dan menyejahterakan kehidupan masyarakatnya.

Permasalahan seperti tingginya angka pengangguran masyarakat desa, permasalahan gizi buruk pada balita, dan tingginya angka kemiskinan membuat kehidupan masyarakat desa memprihatinkan. Padahal kondisi alam yang sangat bagus bisa dimanfaatkan jika saja pemerintah bisa memberikan perhatian lebih ke masyarakat pinggiran. Sayangnya, permasalahan lain seperti pemerataan infrastruktur saja belum dapat terlaksana hingga saat ini sehingga banyak desa yang tertinggal.

Oleh karena itu, program Padat Karya untuk masyarakat desa diadakan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Program ini terbukti dapat mengatasi permasalahan yang sering dirasakan oleh masyarakat desa, mulai dari pengangguran, gizi buruk, hingga kemiskinan. Meskipun segala permasalahan yang terjadi tidak dapat langsung teratasi, setidaknya secara perlahan kehidupan masyarakat desa menjadi lebih baik.

Related posts:

Comments are closed.