Pulau Komodo, Taman Nasional Kadal Purba

komodo_20180404_201135

Siapa yang tak mengenal komodo? Iyah komodo. Komodo dapat digolongkan menjadi hewan purba yang masih bertahan hingga saat ini. Komodo termasuk golongan kadal terbesar di dunia. Komodo memiliki nama lengkap Biawak Komodo dengan nama latinya varanus komodoensis. Spesies kadal besar ini hidup di pulau komodo yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo di daerah Nusa Tenggara Timur yang terbagi di beberapa pulau – pulau di sekitarnya.

Komodo memiliki nama lokal atau yang biasa disebut ora oleh penduduk asli pulau komodo. Komodo menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan dijadikan salah satu hewan yang dilindungi oleh negara. Menurut survei beberapa ahli dikatakan bahwa pulau Komodo menjadi habitat asli spesies kadal raksasa ini tinggal. Fakta ini dapat dibuktikan dari Komodo hanya berada di Kawasan Taman Nasional Komodo, jangan kan di dunia, bahkan di Indonesia sendiri belum ditemukan Komodo di kepulauan lain di Indonesia selain di Pulau Komodo. Kawasan Taman Nasional Komodo terdiri dari 4 pulau yang berjumlah sekitar 2.500 ekor komodo. Jumlah komodo terbanyak berada pada pulau Komodo dengan jumlah komodo berkisar 1.300 ekor, di peringkat kedua jumlah komodo terbanyak berada di pulau Rinca sebanyak 1.100 ekor dan sisanya berada di pulau kecil lainnya.

Taman Nasional Komodo Sebagai Salah Satu 7 Keajaiban Dunia

Taman Nasional Komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia terbaru sejak tahun 2013. Kalo kalian terlahir pada tahun 90-an kalian pasti mengetahui candi Borobudur pernah menjadi salah satu keajaiban dunia. Mengapa sekarang pulau Komodo yang terpilih? Karena dimata dunia Pulau Komodo lebih dikenal dibandingkan dengan Candi Borobudur.

Pulau Komodo merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda penggila trevelling. Menuju ke pulau Komodo sekarang sudah dapat di akses dengan mudah karena banyak jasa trevel yang menyediakan paket destinasi ke pulau Komodo. Pada bulan Juli hingga Agustus komodo akan lebih agresif, hal ini dikarenakan pada bulan-bulan itu adalah musim kawin komodo. Komodo jantan berjuang dengan pejantan lainnya untuk memperebutkan si betina, selanjutnya Komodo akan bertelur 15 – 30 butir.

Kita sebagai warga Indonesia yang baik sebaiknya ikut menjaga dan melestarikan Kawasan Taman Nasional Pulau komodo salah satu warisan bangsa Indonesia.

Related posts:

Comments are closed.