Rahasia Tetap Fit Saat Menstruasi

tips kesehatanSebagai seorang wanita yang telah mengalami masa pubertas, Anda tentu akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Ya, menstruasi merupakan aktivitas rutin yang dialami oleh wanita setiap satu bulan sekali. Biasanya, wanita akan mengalami menstruasi setiap 28-35 hari sekali. Menstruasi sendiri dapat terjadi karena adanya perubahan aktivitas hormon dalam tubuh wanita. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, tergantung dengan keadaan tubuh masing-masing. Meskipun selalu terjadi setiap bulan, namun masih banyak wanita yang mengalami berbagai macam masalah saat masa menstruasi tiba. Salah satunya adalah mengalami rasa sakit atau nyeri di bagian perut, pinggul, dan payudara. Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas. Akibatnya, wanita yang sedang menstruasi menjadi malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Inilah Rahasia Agar Tetap Fit Saat Datang Bulan

Anda tentu tidak ingin bermalas-malasan saat menstruasi bukan? Lalu, bagaimana cara agar tubuh kita tetap fit meskipun sedang menstruasi? Nah, cara pertama yang bisa dilakukan agar stamina tubuh tetap terjaga saat menstruasi adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan bernutrisi. Misalnya sayuran, buah-buahan, susu, dan beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin. Sebisa mungkin minumlah air putih 8 gelas setiap hari. Untuk menambah stamina tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin. Menurut beberapa penelitian, vitamin E dan vitamin B mampu merenggangkan otot dinding rahim sehingga nyeri haid menjadi tidak terlalu terasa. Setelah memperhatikan pola makan dan minum, kini saatnya Anda memulai untuk berolahraga. Meskipun sedang menstruasi, bukan berarti Anda harus meninggalkan kewajiban berolahraga. Agar tubuh tetap fit, maka lakukanlah olahraga ringan seperti senam, lari pagi, yoga, dll.

Agar tetap nyaman beraktivitas saat haid, maka Anda juga harus memperhatikan kebersihan daerah kewanitaan. Rajinlah mengganti pembalut minimal setiap 3-4 jam sekali. Dengan begitu, maka daerah kewanitaan tidak terlalu lembap. Seperti yang kita ketahui, bahwa daerah yang lembap sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan rajin mengganti pembalut. Selain itu, jangan menggunakan celana yang terlalu ketat sehingga daerah kewanitaan masih bisa mendapatkan sirkulasi udara. Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat sedang menstruasi.

Related posts:

Comments are closed.