Selamatkan Lingkungan, Selamatkan Kesehatan

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menjaga kesehatan lingkungan untuk menjaga kesehatan manusia di sekitarnya. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit. Lingkungan dapat berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan ekonomi, lingkungan budaya, maupun lingkungan lain yang ada di sekitar manusia. Lingkungan merupakan suatu tempat, ruangan, atau kondisi yang ada di sekitar kehidupan manusia.

Lingkungan bisa menjadi faktor risiko terjadinya suatu penyakit bila tidak dijaga dan dirawat dengan benar. Isu lingkungan di dunia saat ini sedang memanas karena perubahan iklim yang cukup ekstrem terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Mencairnya es di kutub menjadi salah satu hal yang menandakan bahwa bumi tidak sedang baik-baik saja.

Bagaimana Cara Membangun Lingkungan Fisik Yang Sehat?

Lingkungan fisik merupakan salah satu jenis lingkungan yang pengaruhnya tidak kalah besar dengan faktor penyebab penyakit yang lain. Seorang petugas kesehatan ketika menghadapi pasien juga akan menelusuri penyebab terjadinya penyakit tersebut sehingga diperoleh upaya pengobatan yang tepat sasaran.

Di kota-kota besar masalah lingkungan pun tidak kalah banyaknya, apalagi dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas lingkungan fisik yang ada di sana. Kualitas lingkungan fisik yang menurun secara tidak langsung akan berdampak pada kualitas derajat kesehatan masyarakat yang ada di sekitarnya.

  • Penyediaan Septic Tank

Septic tank merupakan salah satu tempat penampungan dan saluran limbah rumah tangga yang perlu dimiliki oleh setiap rumah. Namun saat ini karena keterbatasan lahan yang ada maka banyak daerah yang menerapkan sistem sanitasi komunal. Jadi pada suatu RT misalnya akan ada satu bak sanitasi komunal yang bisa menampung limbah rumah tangga dari beberapa rumah. Syarat septic tank yang baik yaitu terletak lebih dari 10 meter dari sumber air yang digunakan.

  • Sistem Pembuangan Sampah

Sampah memang tetap menjadi masalah utama yang ada di masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah penduduk berbanding lurus dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Perlu adanya penanganan yang tepat misalnya perlakuan tiga R pada sampah yang ada dimulai dari tingkat rumah tangga.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Related posts:

Comments are closed.