Seperti Inilah Perkembangan Pada Bayi Berusia 3 Bulan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa memiliki seorang momongan alias anak ini merupakan dambaan bagi setiap calon orang tua. Saat bayi yang baru lahir, biasanya belum Nampak perkembangan yang menonjol. Bahkan, wajahnya pun belum bisa dikenali dengan baik, sehingga kita tidak bisa mengetahui apakah wajah bayi tersebut mirip ayahnya ataukah mirip ibunya? Ketika usianya mulai menginjak yang ke 3 bulan, maka hal inilah yang menjadi awal dari tahap perkembangan bayi. Memasuki usianya yang ke 3 bulan, maka si kecil sudah dapat mengenali keadaan lingkungan sekitarnya. Selain itu, ia juga seharusnya sudah memiliki jadwal tidur, jadwal makan, dan jadwal bermain yang teratur. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang perkembangan anak 3 bulan, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

Perkembangan Motorik Bayi 3 Bulan

  1. Reflek bawaan lahir seperti terkejut atau kaget, yang diperlihatkannya melalui ekspresi wajah.
  2. Bagian otot lehernya sudah bertambah kuat, sehingga si kecil bisa menegakkan kepalanya meski sedikit terhuyung-huyung.
  3. Bagian tubuh atasnya juga sudah semakin kuat untuk menopang kepala dan dada, saat posisi tubuhnya sedang tengkurap.
  4. Sudah bisa menjulurkan kaki sambil menendang-nendang.
  5. Sudah mulai menunjukkan koordinasi antara mata dan tangan, seperti menutup mata dan memukul-mukul tanpa arah yang jelas pada apa saja yang dilihatnya.
  6. Si kecil sangat tertarik pada jenis-jenis warna-warni dan warna yang terang.
  7. Si kecil juga sudah bisa mendengarkan suara, dan menunjukan reaksi pada suara yang didengarnya tersebut.

Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

  1. Bagian system sarafnya sudah semakin sempurna, dan organ lambungnya juga sudah bisa menerima banyak air susu. Durasi tidurnya pun menjadi lebih lama, dimana ia bisa tidur selama 6 – 7 jam per harinya.
  2. Jadwal tidur siang lebih lama ketimbang jadwal tidur malam.

Perkembangan Indera Bayi Usia 3 Bulan

  1. Pendengaran dan penglihatan si kecil sudah semakin baik, dimana ia akan menengok serta tersenyum pada arah suara saat anda memanggilnya. Bahkan yang lebih menariknya lagi, si kecil sudah mengenal jenis suara music lho.
  2. Si kecil juga sangat menyukai pada hal-hal yang berwarna kontras atau warna terang.
  3. Raut wajahnya semakin menggemaskan, dimana ia akan menatap siapa saja yang dilihatnya.

Perkembangan Komunikasi Bayi Usia 3 Bulan

  1. Si kecil sudah bisa berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya, meski kata-kata yang diucapkannya belum jelas seperti “bababa, tatata, nanana, dan sebagainya“.
  2. Di usianya yang ke 3 bulan, maka si kecil sudah mulai jarang menangis. Namun sekalinya menangis, ia bisa menangis lama lho.

Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

  1. Terkadang si kecil akan terbangun beberapa saat dan tertidur kembali. Apabila si kecil terbangun pada tengah malam, maka biarkan dulu selama kurang lebih 30 detik. Ya, hal ini bertujuan agar si kecil kembali tertidur dengan sendirinya tanpa harus anda tangani.
  2. Apabila si kecil tidak henti-hentinya menangis karena lapar atau popok yang sudah basah, maka anda harus segera mengganti popok tersebut atau langsung memberinya ASI.

Nah, itulah tahap perkembangan pada bayi berusia 3 bulan yang harus anda ketahui. Dengan demikian, anda pun dapat mengetahui hal apa saja untuk mendukung pertumbuhan pada setiap bulannya.

Related posts:

Comments are closed.