Serunya Berwirausaha Menjadi Guru Les

peluang usahaSetelah lulus dari sarjana, banyak sekali sarjana muda yang mencari pekerjaan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuhnya saat kuliah. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan lowongan pekerjaan. Apalagi jika Anda seorang sarjana pendidikan, untuk mendapatkan lowongan pekerjaan di sebuah instansi pendidikan tidaklah mudah. Lembaga pendidikan memang banyak tersebar dimana saja. Namun posisi sebagai guru ternyata tidak begitu banyak dibutuhkan di berbagai daerah. Minimnya pengangkatan guru dari non PNS menjadi PNS juga menjadi penyebabnya. Jika Anda seorang lulusan sarjana pendidikan dan belum mendapatkan pekerjaan yang layak, maka Anda tidak perlu kecewa.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Sarjana pendidikan adalah bekal untuk Anda dalam membuka peluang usaha. Tentunya Anda telah mahir dalam hal mendidik siswa. meskipun Anda belum terjun langsung dalam pekerjaan sebagai guru, namun Anda dapat membuka usaha dengan menjadi guru les atau privat. Ada berbagai cara untuk menjadi guru les. Anda dapat bergabung dengan berbagai lembaga bimbingan belajar atau Anda dapat membuka les privat sendiri. Untuk bergabung dengan lembaga bimbingan belajar, maka Anda dapat mengajukan lowongan pekerjaan kepada lembaga yang bersangkutan. Namun sebelum mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada sebuah lembaga, ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi. Diantaranya adalah kontrak kerja dengan lembaga dan honor atau upah yang akan diperoleh.

Kedua hal di atas sangat penting untuk Anda ketahui. Anda wajib tahu kontrak kerja yang akan Anda jalankan. Jangan sampai Anda dipersulit oleh keterikatan kontrak. Misalnya untuk cuti atau ijin tidak mengajar. Atau bahkan kemudahan saat keluar dari lembaga tersebut. Carilah lembaga yang tidak terikat dengan kontrak yang kuat. Dalam artian mudah dijalankan. Sedangkan untuk masalah honor, Anda dapat membandingkannya dengan lembaga yang lain. DenganĀ  melakukan komparasi ini, maka Anda akan mengetahui besarnya pendapatan yang akan Anda terima.

Related posts:

Comments are closed.