Stop Konsumsi Terlalu Banyak Garam, Ini Akibatnya

Makanan akan terasa hambar dan tidak sedap jika kurang asin atau kurang garam. Makanan yang memiliki rasa asin memang sangat menggiurkan, seperti kentang goreng, aneka gorengan, dan juga aneka keripik. Namun tahukah Anda? Jika mengonsumsi garam dalam julah yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan?

Risiko Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Garam memang tidak selalu buruk bagi kesehatan. Sebab, kandungan Natrium yang ada pada garam dapat membantu kinerja otot sehari-hari, menjaga kondisi cairan tubuh tetap seimbang, dan membuat otot serta saraf dapat bekerja dengan baik. selain itu, kandungan Klorida pada garam juga dapat membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Namun tanpa Anda sadari, konsumsi garam yang terlalu tinggi juga dapat mengganggu sistem kesehatan. Natrium yang sebetulnya memiliki manfaat bagi tubuh juga mengandung bahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang akan mendapatkan akibatnya. Sebab, ginjal akan membuang sisa Natrium yang Anda konsumsi melalui urine. Namun, jika sisa Natrium terlalu banyak dan ginjal tidak mampu untuk membuangnya maka akan menumpuk di dalam darah. Akibat jumlah Natrium yang terlalu tinggi pada tubuh akan membuat Anda memiliki risiko tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan juga penyakit jantung.

Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan akibat konsumsi garam yang terlalu tinggi, maka Anda perlu memperhatikan jumlah garam yang digunakan saat memasak. Ketika Anda membeli makanan atau minuman di luar, maka pastikan bahwa makanan atau minuman tersebut mengandung Natrium dalam jumlah yang wajar. Konsumsi sayuran serta buah-buahan dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk menyeimbangkan kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Jika Anda ingin menggunakan bumbu masakan atau penambah selera dalam masakan seperti saus tomat, saus tiram, kecap, atau lain sebagainya, maka cukup gunakan sedikit saja. hindari konsumsi makanan-makanan junk food serta keripik, yang bisa saja mengandung Natrium dalam jumlah yang besar. Rutin minum air putih dalam jumlah yang cukup, sehingga kandungan garam pada darah akan mudah larut.

Related posts:

Comments are closed.