Sukses Dengan Bauran Pemasaran

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran? Ya, bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Jadi, bauran pemasaran ini merupakan strategi yang digunakan oleh para usahawan untuk mencapai keuntungan dalam bisnisnya. Itulah mengapa penting sekali bagi para usahawan untuk menerapkan strategi bauran pemasaran ini.

Bauran Pemasaran

Telah kita ketahui bersama banyaknya para usahawan yang saling berlomba-lomba dalam menciptakan produk mempengaruhi proses penjualan. Terdapat berbagai macam strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menjadikan dirinya superior atau bahkan dapat menguasai pasar. Salah satu strategi yang diterapkan adalah bauran pemasaran. Adapun uraian dari bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Produk

Produk merupakan hasil akhir dari proses produksi yang siap dipasarkan kepada masyarakat. Adapun untuk membuat produk yang menari dan sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan pelanggan, seorang produsen harus melakukan riset pasar untuk mengetahui kecenderungan tren permintaan dari konsumen. Produk ini juga dapat divariasikan untuk menambah daya tarik seperti dengan kemasan yang menarik, pemberian garansi, pelayanan yang baik dan ramah pada konsumen atau dengan inovasi lainnya.

  • Harga

Harga adalah satu-satunya komponen dalam bauran pemasaran yang dapat menghasilkan laba atau keuntungan. Oleh karena itu, maka penentuan harga harus sangat dipertimbangkan mengingat betapa pentingnya komponen harga tersebut. Harga juga merupakan indikator nilai bagi konsumen untuk menentukan produk yang akan dibeli.

  • Promosi

Promosi sangat dibutuhkan dalam memasarkan suatu produk baik itu produk baru ataupun produk yang sudah lama dibuat. Adapun tujuan dari promosi itu sendiri adalah mengenalkan produk serta membujuk atau mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Pada era ini, media sosial memegang peranan yang penting dalam promosi produk yang kita hasilkan.

  • Tempat

Bauran pemasaran yang tidak kalah pentingnya yaitu tempat atau lokasi penjualan produk. Pemilihan lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen akan memudahkan proses jual beli yang ada.

Bauran pemasaran dapat diterapkan untuk segala jenis usaha. Hal inilah yang membuat para usahawan mulai menerapkan strategi bauran pemasaran. Apakah Anda tertarik menerapkannya? Selamat mencoba.

Related posts:

Comments are closed.