Sukses Dengan Cara Budidaya Tumbuhan Rosemary

Cara BudidayaCara budidaya beberapa jenis tanaman khususnya yang bisa di budidayakan sendiri memang terdengar agak sedikit rumit. Apalagi untuk Anda yang baru mengenal tentang dunia berkebun atau bercocok tanam, tentu akan merasakan sedikit kesulitan untuk memahami dan melakukannya secara langsung. Tumbuhan rosemary atau rosmarin adalah sebuah tanaman rempah-rempah yang sering di jadikan sebagai bumbu masakan dengan cita rasa khususnya di kawasan Laut Tengah seperti Italia, Yunani, Levantia dan Turki. Meskipun masakan Indonesia tidak menggunakan bumbu dapur yang satu ini namun tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan budidaya rosemary.

Sukses Untuk Melakukan Cara Budidaya Tumbuhan Rosemary

Tumbuhan rosemary sendiri memiliki aroma yang sangat kuat dan harum. Tumbuhan ini selain di gunakan sebagai salah satu bumbu dapur, juga memiliki beberapa macam khasiat dengan membuatnya sebagai teh untuk di minum. Khasiat yang di milikinya seperti untuk menyembuhkan reumatik, meringankan gejala flu yang melanda karena adanya kandungan kalsium, zat besi dan vitamin B6 yang ada di dalam tumbuhan rosemary. Selain itu rosemary juga umum di buat sebagai jamu tradisional dan sebagai alat pestisida alami serta mudah di lakukan cara budidaya tanaman ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menanam tumbuhan rosemary.

  • Pembenihan

Siapkan benih yang akan Anda tanam dalam budidaya rosemary, dan sebaiknya benih yang Anda pilih sudah melalui perendaman kurang lebih selama 3 hingga 5 jam lamanya agar supaya benih mudah untuk berkecambah.

  • Media tanam

Untuk media tanam, Anda perlu untuk menyiapkan campuran tanah dan kompos 2:1. Dan sebaiknya tanah yang akan di gunakan untuk media tanam sudah melalui proses sterilisasi agar supaya bebas penyakit, dan jamur. Proses sterilisasi di lakukan dengan cara mengukus tanah sekitar 10-15 menit atau dengan mencampurnya dengan bahan pestisida alami.

  • Penanaman

Untuk melakukan budidaya rosemary sebenarnya tidak perlu di lakukan perawatan khusus. Dalam artian melakukannya sangatlah mudah karena proses pemupukan di lakukan dengan jangka waktu satu tahun dan kita hanya perlu untuk memperhatikan kondisi kelembaban media tanam yang di gunakan. Itulah beberapa langkah untuk menanam rosemary dalam cara budidaya.

Related posts:

Comments are closed.