Terbukti! Ini Cara Cegah Kanker Payudara

kecantikan-wanita-turki

Saat ini, ada banyak sekali jenis kanker yang bisa menyerang manusia. Salah satu jenis kanker yang paling umum dan sering terjadi adalah kanker payudara. Kanker ini menyerang 8 dari 10 wanita setiap tahunnya.

Kanker ini merupakan kumpulan sel tumor yang tumbuh di area atau jaringan payudara. Meskipun umumnya menyerang wanita, kanker ini juga bisa menyerang pasien pria. Lalu pertanyaannya, apakah kanker payudara bisa sembuh total? Jawabannya adalah tentu saja bisa.

Penyebab dan Penanganan Kanker Payudara

Secara medis, penyebab dari kanker payudara ini masih belum diketahui secara jelas. Namun demikian, para ahli banyak yang meyakini bahwa kanker ini merupakan hasil dari perkembangan sel payudara yang berkembang secara tidak normal sehingga berevolusi menjadi kanker.

Penanganan dari kanker payudara itu sendiri ikut menentukan apakah kanker payudara bisa sembuh total pada setiap pasien. Secara umum, prosedur medis yang akan dijalani oleh pasien kanker payudara adalah bedah pengangkatan sel kanker yang dilanjutkan dengan berbagai terapi.

Pencegahan Kanker Payudara

Tentu saja mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Tindakan pencegahan akan dapat meminimalirsir risiko yang ditimbulkan oleh penyakit kanker payudara. Salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah memeriksa payudara sendiri.

Gerakan periksa payudara sendiri (SADARI) ini sudah digalakkan oleh pemerintah melalui dinas kesehatan sejak lama. Ini dapat membantu kita untuk mengetahui secara lebih dini mengenai gejala yang mungkin ditimbulkan oleh kanker payudara.

Kemudian diharapkan masyarakat bisa segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan medis jika menemukan tanda-tanda pertumbuhan kanker. Ini tentu bisa menekan risiko kanker, serta kalaupun kanker sudah terlanjur tumbuh maka masih ada harapan untuk bisa pulih dengan lebih mudah.

Mengenai apakah kanker payudara bisa sembuh total atau tidak, ini bergantung pada penanganan medis, apakah penanganan sudah dilakukan dengan tepat dan sesegera mungkin. Selain itu juga, ini bergantung pada si pasien itu sendiri, apakah memiliki semangat sembuh yang terwujud melalui sikap proaktif dalam pemberantasan sel kanker payudara dalam tubuhnya.

Related posts:

Comments are closed.