Terobosan Baru dalam Pembuatan Izin Perusahaan

Dalam dua tahun terakhir, semakin banyak ditemukan terobosan-terobosan baru yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam mengurus izin pembuatan PT atau suatu perusahaan dan juga perizinan pendirian usaha. Mulai dari pengajuan Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan, SKDP, pemrosesan SIUP dan juga TDP, prosedur serta persyaratannya yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Karena itulah banyak pengusaha yang merasa sangat terbantu dengan adanya terobosan ini. Mereka mengaku bersyukur dan lega.

Dalam usaha mempermudah urusan pembuatan izin pendirian perusahaan dan juga izin usaha, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 91 Th. 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, yang menjadi poin penting dalam Perpres tersebut adalah arahan yang diberikan oleh Presiden terkait perizinan usaha yang dikeluarkan oleh  kementerian atau lembaga dan juga pemerintah daerah untuk mulai, melaksanakan, serta mengembangkan kegiatan di bidang usaha. Presiden merasa hal itu masih perlu ditata karena beliau ingin bahwa lembaga bisa menjadi pembantu para pengusaha, bukannya sebagai penghambat.

Upaya Pemerintah untuk Membantu Pengusaha

Dalam Perpres Nomor 91 Th. 2017, ditekankan bahwa pemerintah daerah diupayakan untuk mampu menerapkan teknologi informasi secara online saat pelaksanaan izin usaha. Hal tersebut merupakan langkah atau upaya mereformasi perizinan berusaha. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan dalam terobosan yang diusung oleh pemerintah ini dalam rangka mempermudah perizinan pembuatan PT dan juga perizinan usaha.

Antara lain, yaitu dengan mengembangkan teknologi yaitu dengan cara memanfaatkan platform secara online dan meninggalkan cara lama, yaitu pengajuan yang menggunakan cara manual yang sebelumnya masih banyak diterapkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan yang mengurus masalah perizinan usaha. Langkah tersebut menjadi terobosan yang dinilai banyak memberikan keuntungan kepada para pengusaha, karena mereka bisa mengurus pembuatan izin usaha atau perusahaan dengan cepat dan efisien waktu.

Terobosan lain dalam upaya mempermudah urusan perizinan usaha adalah semakin mudahnya proses pembuatan akta pembuatan PT, surat keputusan pengesahan dari badan Hukum, dan juga pembuatan NPWP milik perusahaan. Masih banyak lagi terobosan lain yang bisa memudahkan para pengusaha dalam membuat izin usahanya.

Related posts:

Comments are closed.