Tetap Sehat Dan Ceria Saat Menstruasi

tips kesehatanMenstruasi merupakan salah satu aktivitas bulanan yang hanya bisa dialami oleh seorang wanita. Menstruasi biasanya mulai terjadi pada anak wanita setelah memasuki usia 10 tahun ke atas. Namun, siklus menstruasi tentunya berbeda bagi setiap wanita. Siklus menstruasi pada wanita biasanya terjadi setiap 28-365 hari sekali. Siklus ini sudah menjadi rutinitas yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Namun, ada beberapa masalah yang sering dialami oleh wanita saat sedang mengalami menstruasi seperti sakit perut, mual, dada terasa pegal, pinggul terasa pegal, lemas, dan beberapa masalah lainnya. Sebenarnya, masalah tersebut dapat dilakukan dengan aneka cara. Lalu, bagaimana cara agar kita tetap sehat dan ceria saat sedang mengalami menstruasi.

Inilah Cara Terbaik Untuk Tetap Sehat Dan Ceria Meskipun Sedang Menstruasi

Menstruasi merupakan aktivitas alami yang dipengaruhi oleh hormon-hormon kewanitaan. Masalah yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi sebenarnya sangat wajar terjadi karena saat menstruasi terjadi berbagai aktivitas hormon yang tidak terjadi pada hari-hari biasa di luar fase menstruasi. Nah, salah satu cara agar tetap fit saat menstruasi adalah dengan mengonsumsi aneka makanan yang bergizi dan mengandung banyak nutrisi. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih. Mengapa? Seperti yang kita ketahui, bahwa saat menstruasi seorang wanita akan kehilangan banyak cairan darah. Oleh karena itu, hal ini perlu diimbangi dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan memperbanyak konsumsi air putih. Meskipun tubuh terasa lemas dan malas melakukan aktivitas apa pun saat sedang menstruasi, namun sebaiknya jangan pernah meninggalkan aktivitas olahraga sehari-hari. Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, yoga, senam, dan berbagai jenis olahraga ringan lainnya.

Saat menstruasi, sangat penting bagi wanita untuk rajin membersihkan daerah kewanitaan dengan cara mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kelembaban yang terjadi di daerah kewanitaan. Jika suasana daerah kewanitaan sangat lembap, maka hal ini akan menjadi lingkungan yang sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rajin mengganti pembalut minimal 3-4 kali sehari. Sebaiknya, gunakan pembalut herbal yang dibuat dari bahan-bahan alami. Dengan begitu, maka daerah kewanitaan terbebas dari pengaruh buruk bahan kimia dan akan tetap sehat sepanjang hari.

Related posts:

Comments are closed.