Tips Menggunakan Toilet Umum Yang Aman

tips kesehatanMenggunakan toilet umum merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari mengingat aktivitas Anda yang lebih banyak diluar rumah. Bagi Anda yang sering menggunakan fasilitas toilet umum maka perlu berhati-hati sebab meskipun terlihat bersih toilet sendiri sarang kuman yang dapat menyebabkan penyakit seperti flu, gangguan pencernaan dan sakit tenggorokan. Nah, oleh karena itu Anda perlu menyimak ulasan tips menggunakan toilet umum yang aman dibawah ini.

Tips Menggunakan Toilet Umum Yang Aman

Kuman-kuman yang ada pada toilet sangat banyak meskipun Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang. Nah kuman yang ada pada toilet umum memiliki kemungkinan yang cukup besar dapat masuk ke dalam tubuh Anda jika Anda menggunakan fasilitas toilet umum tersebut pada saat menyentuh benda-benda yang ada didalam toilet. Tips menggunakan toilet umum yang aman adalah sebagai berikut. Pertama jangan meletakkan tas, ponsel, atau dompet pada lantai toilet. Biasanya lantai toilet kering karena bentuk closet duduk, bagi Anda yang membawa beberapa barang sebaiknya gantung bawaan Anda agar tidak terkontaminasi kuman. Kedua sebelum menggunakan closet sebaiknya menyiramnya terlebih dahulu agar sisa kotoran dan urine yang masih menempel terbawa air. Ketiga jika akan menggunakan fasilitas toilet umum dengan jenis kloset duduk maka sebaiknya membersihkan dudukan closet dengan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan. Keempat lapisi dudukan kloset dengan tisu. Kelima jika dudukan terlihat kotor maka usahakan tidak duduk diatasnya namun duduk melayang tanpa menempel kloset. Keenam usahakan tidak menyentuh secara langsung benda-benda yang ada di toilet, jadi gunakan tisu untuk melapisi setiap benda yang akan dipegang. Yang terakhir cucilah tangan selama 20-30 detik dengan sabun setelah selesai menggunakan closet lalu keringkan dengan tisu.

Demikian ulasan singkat mengenai tips menggunakan toilet umum yang aman. Biasakan untuk menjaga kebersihan Anda dengan melakukan hal-hal kecil seperti yang telah dijelaskan pada ulasan diatas. Tanamkan pula kebiasaan ini pada anak-anak Anda Karena anak-anak lebih rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ada ditoilet. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Related posts:

Comments are closed.